Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik untuk Rumah Sakit

Posted on

Kalbariana.web.id – Menulis surat lamaran kerja yang baik untuk rumah sakit membutuhkan ketelitian dan kejelian dalam memilih kata. Sebagai calon pelamar, Anda harus mampu menunjukkan keahlian dan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Oleh karena itu, surat lamaran kerja menjadi penting sebagai representasi diri Anda kepada pihak perusahaan.

Tidak sulit untuk menulis surat lamaran kerja yang baik untuk rumah sakit. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips dan trik untuk membantu Anda menulis surat lamaran kerja yang benar-benar menonjol.

1. Menyesuaikan Surat Lamaran dengan Kebutuhan Perusahaan

1. Menyesuaikan Surat Lamaran dengan Kebutuhan PerusahaanSumber: bing

Sebelum menulis surat lamaran, pastikan Anda telah memahami tentang posisi pekerjaan yang dilamar dan kebutuhan rumah sakit tersebut. Baca deskripsi pekerjaan yang disediakan oleh rumah sakit dan pastikan bahwa keahlian, pencapaian serta pengalaman yang Anda miliki sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Tuliskan kalimat pembuka yang menunjukkan bahwa Anda memahami perusahaan dan posisi yang akan dilamar. Misalnya, “Saya tertarik untuk melamar posisi perawat di rumah sakit Anda, karena saya percaya bahwa rumah sakit Anda memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan saya ingin menjadi bagian dari tim yang menunjukkan keunggulan dalam pelayanan tersebut.”

Selanjutnya, jelaskan pengalaman dan keahlian yang dimiliki. Jangan lupa, fokus pada keahlian yang berkaitan dengan posisi yang dilamar, misalnya “Saya memiliki pengalaman selama 2 tahun sebagai perawat di rumah sakit terkemuka. Selama itu, saya terbiasa dengan kasus-kasus kritis dan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik.”

2. Mencantumkan Referensi dari Pengalaman Kerja Sebelumnya

2. Mencantumkan Referensi dari Pengalaman Kerja SebelumnyaSumber: bing

Opini atau referensi dari mantan atasan atau rekan kerja dapat memberikan nilai tambah untuk surat lamaran kerja Anda. Sebelum melamar, pastikan Anda telah meminta izin untuk mencantumkan nama mereka sebagai referensi. Jika Anda memiliki surat rekomendasi dari mantan atasan, cantumkan dalam surat lamaran dan gunakan sebagai bukti untuk menunjukkan kehebatan Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk menyebutkan proyek atau tugas yang berhasil diselesaikan selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Misalnya, “Saya berhasil memimpin tim dalam menangani kasus-kasus kritis selama bertugas di rumah sakit ABC.”

Dengan mencantumkan referensi dan proyek yang telah berhasil diselesaikan, Anda dapat menunjukkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki sehingga memberikan kesan yang positif bagi pihak perusahaan.

3. Menyampaikan Tujuan Pribadi dan Alasan Melamar Pekerjaan

3. Menyampaikan Tujuan Pribadi dan Alasan Melamar PekerjaanSumber: bing

Menyampaikan tujuan pribadi dan alasan melamar pekerjaan juga dapat memberikan nilai tambah untuk surat lamaran kerja. Sebagai contoh, “Saya sangat tertarik untuk bekerja di rumah sakit Anda karena saya ingin terus belajar dan berkembang dalam profesi sebagai perawat. Saya juga percaya bahwa bekerja di rumah sakit Anda akan memberikan tantangan dan pengalaman yang berharga.”

Selain itu, pastikan tujuan pribadi yang diungkapkan dengan posisi yang dilamar sejalan. Misalnya, “Saya ingin bekerja di unit gawat darurat untuk terus memperbaiki keterampilan dan pengalaman menangani kasus-kasus gawat darurat.”

Dalam menyampaikan tujuan pribadi dan alasan melamar pekerjaan, jangan terlalu memaksakan diri dengan menyebutkan hal-hal yang tidak relevan atau tidak sejalan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal ini dapat memberikan kesan yang negatif pada pihak perusahaan.

4. Menggunakan Bahasa yang Jelas, Tegas dan Menarik

Terakhir, pastikan surat lamaran kerja yang Anda buat menggunakan bahasa yang jelas, tegas, dan menarik. Hindari penggunaan bahasa yang bertele-tele atau kurang jelas sehingga mempersulit pihak perusahaan dalam memahami maksud dan tujuan dari surat lamaran. Sebagai contoh, “Saya adalah seorang perawat yang punya passion dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.”

Berikan kesan yang menarik saat menulis surat lamaran. Misalnya, “Menjadi seorang perawat bagi saya bukan hanya sebuah pekerjaan, tapi juga panggilan hati. Saya selalu berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk pasien dan keluarga mereka.”

Dengan menggunakan bahasa yang jelas, tegas, dan menarik, Anda dapat menunjukkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki sehingga memberikan kesan yang positif bagi pihak perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *