Bagaimana Cara Mengetahui PIP Sudah Cair atau Belum?

Posted on

Kalbariana.web.id – Bagi sebagian orang, Program Keluarga Harapan atau yang biasa disebut PIP (Program Indonesia Pintar) menjadi penolong di tengah pandemi. Meskipun demikian, tidak sedikit pula yang bingung tentang cara mengetahui apakah PIP yang mereka ajukan sudah cair atau belum. Nah, bagi Anda yang masih bingung, Simaklah penjelasan berikut ini.

Apa Itu Program Indonesia Pintar (PIP)?

Apa Itu Program Indonesia Pintar (PIP)?

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program bantuan sosial dari pemerintah Indonesia untuk membantu pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu. Program ini memberikan bantuan berupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada siswa yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Bagaimana Cara Mendaftar PIP?

Bagaimana Cara Mendaftar PIP?

Untuk bisa menerima bantuan PIP, terlebih dahulu kamu harus mendaftar. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar PIP:

  1. Kunjungi https://bansos.kemensos.go.id/ dan pilih menu ‘Login’. Setelah masuk, pilih ‘Pendaftaran’ dan isi data diri serta informasi yang diminta.
  2. Setelah selesai mengisi formulir, unduh dan cetak kartu peserta PIP.
  3. Setelah mendapat kartu peserta PIP, kamu bisa menukarkan kartu tersebut dengan uang tunai bulanan melalui bank yang ditunjuk oleh pemerintah.

https://bansos.kemensos.go.id/

Bagaimana Cara Mengetahui PIP Sudah Cair atau Belum?

Bagaimana Cara Mengetahui PIP Sudah Cair atau Belum?

Setelah mendaftar, tentu kamu ingin tahu apakah bantuan PIP yang kamu ajukan sudah cair atau belum. Berikut adalah cara untuk mengetahuinya:

1. Cek Saldo Rekening

Cara pertama untuk mengetahui apakah bantuan PIP sudah cair atau belum adalah dengan mengecek saldo rekening. Setelah kamu mendaftar PIP dan menukarkan kartu PIP dengan uang tunai bulanan melalui bank, maka uang tunai tersebut akan cair ke rekening bank yang sudah kamu daftarkan. Ceklah saldo rekening tersebut untuk memastikan bantuan PIP sudah cair atau belum.

2. SMS Banking

Kamu juga bisa mengecek bantuan PIP melalui fitur SMS banking. Caranya, kirimkan SMS ke nomor yang sudah terdaftar dengan format sebagai berikut:

Format : PIP kode bank nomor rekening
Contoh : PIP BRI 123456789

Jika bantuan sudah cair, maka saldo rekeningmu akan bertambah sesuai dengan jumlah bantuan yang sudah diterima.

3. Aplikasi Mobile Banking

Selain menggunakan SMS banking, kamu juga bisa mengecek bantuan PIP melalui aplikasi Mobile Banking. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Mobile Banking yang sesuai dengan bank yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu bisa login dan mengecek saldo rekening untuk memastikan apakah bantuan PIP sudah cair atau belum.

Kesimpulan

Mendaftar dan menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) memang sangat membantu bagi keluarga kurang mampu untuk mendukung pendidikan anak-anak. Namun, untuk memastikan bantuan sudah cair atau belum, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti cek saldo rekening, SMS banking, dan aplikasi Mobile Banking.

Bagaimana Cara Mengetahui PIP Sudah Cair atau Belum? FAQs

1. Apa itu PIP?

PIP adalah kependekan dari Program Indonesia Pintar yang merupakan program beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk membantu biaya pendidikan bagi pelajar SD, SMP, dan SMA yang kurang mampu.

2. Bagaimana cara mendaftar program PIP?

Untuk mendaftar program PIP, pelajar dapat mengunjungi situs resmi PIP melalui bantuan internet dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Selain itu, pelajar juga dapat membuka situs Dapodik dan mengikuti panduan pendaftaran PIP yang ada di dalamnya.

3. Bagaimana cara mengetahui apakah PIP sudah cair atau belum?

Pelajar dapat mengetahui apakah PIP sudah cair atau belum dengan cara mengecek saldo rekening yang terhubung dengan nomor rekening tabungan yang digunakan untuk menerima transferan dari program PIP. Selain itu, juga dapat mengecek melalui aplikasi Dapodik atau dengan menghubungi pihak sekolah untuk menanyakan status cairnya beasiswa tersebut.

4. Apakah terdapat batasan waktu penerimaan PIP?

Ya, terdapat batasan waktu penerimaan PIP, yakni selama pelajar masih bertahan di jenjang pendidikan yang diakui oleh program PIP. Selama masih bersekolah dan memenuhi syarat, pelajar dapat terus menerima beasiswa PIP.

5. Apa yang harus dilakukan jika PIP belum cair?

Jika PIP belum cair, pelajar dapat menghubungi pihak sekolah atau Dinas Pendidikan setempat untuk menanyakan perihal status cairnya beasiswa tersebut. Jika terdapat masalah atau keluhan, pelajar juga dapat menghubungi nomor layanan call center PIP yang telah disediakan.

Jadi, yang perlu dilakukan untuk mengetahui apakah PIP sudah cair atau belum adalah dengan mengecek saldo rekening, aplikasi Dapodik, atau menghubungi pihak sekolah untuk menanyakan status cairnya beasiswa tersebut. Jangan ragu untuk menghubungi nomor layanan call center PIP jika terdapat masalah atau keluhan. Semoga bermanfaat!

CARA CEK PIP ATAU KIP SENDIRI | Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *