Apakah boleh membaca juz Amma tidak berwudhu?

Posted on

Apakah Boleh Membaca Juz Amma Tanpa Berwudhu?

Pertanyaan ini sering diajukan oleh para siswa yang ingin membaca Juz Amma, yaitu bagian dari Al-Quran yang berisi surat-surat pendek. Banyak orang yang bertanya-tanya apakah boleh membaca Juz Amma tanpa berwudhu?

Menurut Kanwil Kemenag Kalsel, siswa harus berwudhu sebelum memulai pembacaan Juz Amma. Ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca Al-Quran harus berwudhu terlebih dahulu.” (HR. Muslim).

Karena itu, siswa yang ingin membaca Juz Amma harus memastikan bahwa mereka sudah berwudhu terlebih dahulu. Berwudhu adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Ini adalah proses membersihkan diri dari najis (kotoran) dan membaca doa-doa yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Berwudhu juga merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan terhadap Allah SWT. Dengan berwudhu, seseorang menunjukkan bahwa mereka menghormati Allah SWT dan mematuhi perintah-Nya. Dengan berwudhu, seseorang juga menunjukkan bahwa mereka bersedia untuk menjalankan ibadah dengan hati yang tulus dan ikhlas.

Selain itu, berwudhu juga merupakan bentuk penghormatan terhadap Al-Quran. Dengan berwudhu, seseorang menunjukkan bahwa mereka menghormati Al-Quran dan mematuhi perintah-Nya. Dengan berwudhu, seseorang juga menunjukkan bahwa mereka bersedia untuk membaca Al-Quran dengan hati yang tulus dan ikhlas.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan “Apakah boleh membaca Juz Amma tanpa berwudhu?” jawabannya adalah tidak. Siswa harus berwudhu terlebih dahulu sebelum memulai pembacaan Juz Amma. Ini adalah bentuk penghormatan terhadap Allah SWT dan Al-Quran. 13 Okt 2017.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *