Apa saja faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik?

Posted on

Kesulitan belajar adalah masalah yang sering dihadapi oleh para siswa di seluruh dunia. Meskipun ada banyak faktor internal yang dapat menyebabkan kesulitan belajar, faktor eksternal juga dapat memainkan peran penting dalam menentukan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Faktor eksternal yang dapat menyebabkan kesulitan belajar bagi siswa dapat berupa guru, kualitas pembelajaran, instrumen dan fasilitas pembelajaran, serta lingkungan sosial dan alam.

Guru adalah salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Guru yang tidak memiliki kemampuan untuk mengajar dengan baik, tidak menyediakan materi yang cukup, atau tidak menyediakan bimbingan yang memadai dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar. Guru yang tidak dapat mengajar dengan baik dapat menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar.

Kualitas pembelajaran juga dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Siswa yang belajar dengan metode yang salah atau tidak tepat dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar. Metode pembelajaran yang tidak tepat dapat menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar.

Instrumen dan fasilitas pembelajaran juga dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Siswa yang belajar dengan instrumen dan fasilitas yang tidak tepat dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar. Fasilitas pembelajaran yang tidak tepat dapat menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar.

Lingkungan sosial dan alam juga dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Lingkungan sosial yang tidak mendukung belajar, seperti lingkungan yang tidak aman, dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar. Lingkungan alam yang tidak kondusif, seperti suara bising atau suhu yang tidak nyaman, juga dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar.

Untuk mengurangi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, penting untuk memastikan bahwa guru, kualitas pembelajaran, instrumen dan fasilitas pembelajaran, serta lingkungan sosial dan alam yang mendukung belajar. Guru harus memiliki kemampuan untuk mengajar dengan baik, menyediakan materi yang cukup, dan menyediakan bimbingan yang memadai. Kualitas pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan siswa dan instrumen dan fasilitas pembelajaran harus tepat. Lingkungan sosial dan alam harus aman dan kondusif untuk belajar. Dengan memastikan bahwa faktor eksternal yang mendukung belajar, siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan mengurangi kesulitan belajar yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *