Apa saja ciri-ciri surat resmi?

Posted on

Surat resmi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang sering digunakan oleh instansi, organisasi, ataupun lembaga. Surat resmi memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan surat lainnya. Berikut adalah ciri-ciri surat resmi yang perlu diperhatikan.

Pertama, surat resmi memiliki nomor surat dan juga lampiran. Nomor surat memiliki fungsi untuk mengidentifikasi surat tersebut, sedangkan lampiran berfungsi untuk menyertakan dokumen yang berhubungan dengan surat tersebut.

Kedua, surat resmi memiliki kop surat dan juga nama instansi atau lembaga. Kop surat berisi informasi mengenai pengirim dan penerima surat, sedangkan nama instansi atau lembaga berfungsi untuk menunjukkan siapa yang mengirimkan surat tersebut.

Ketiga, surat resmi memiliki salam pembuka dan penutup. Salam pembuka berfungsi untuk menyapa penerima surat, sedangkan salam penutup berfungsi untuk mengakhiri surat tersebut.

Keempat, surat resmi memiliki stempel. Stempel berfungsi untuk mengidentifikasi siapa yang mengirimkan surat tersebut.

Kelima, surat resmi menggunakan gaya bahasa yang resmi. Gaya bahasa yang resmi digunakan untuk menunjukkan bahwa surat tersebut adalah surat resmi.

Surat resmi memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan surat lainnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat surat resmi, pastikan untuk memperhatikan ciri-ciri surat resmi di atas. Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, Anda dapat membuat surat resmi yang baik dan benar. 28 Okt 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *