Apa saja 3 komponen utama dalam RPP?

Posted on

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu instrumen penting yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. RPP merupakan suatu dokumen yang menjelaskan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. RPP juga mencakup informasi tentang kebutuhan khusus dan bahan ajar yang digunakan.

RPP memiliki tiga komponen inti yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam menyusun RPP. Ketiga komponen inti tersebut adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen).

Tujuan pembelajaran adalah kalimat yang menjelaskan hasil yang diharapkan setelah siswa menyelesaikan proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus jelas, konkret, dapat diukur, dan menggambarkan apa yang akan dicapai oleh siswa. Tujuan pembelajaran juga harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Langkah-langkah pembelajaran (kegiatan) adalah aktivitas yang dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan ini harus mencakup aktivitas yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dan meningkatkan pengetahuan siswa. Kegiatan ini juga harus mencakup keterampilan berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berpikir analitis.

Penilaian pembelajaran (asesmen) adalah proses yang digunakan untuk mengukur hasil pembelajaran siswa. Penilaian pembelajaran harus mencakup komponen kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaian pembelajaran juga harus mencakup komponen keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Dengan mempertimbangkan ketiga komponen inti dalam RPP, guru dapat memastikan bahwa RPP yang dibuat akan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru juga dapat memastikan bahwa RPP yang dibuat akan meningkatkan keterampilan siswa dan meningkatkan pengetahuan siswa. Dengan demikian, RPP yang dibuat akan menjadi instrumen yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *