Apa perbedaan RPP K13 dengan RPP Merdeka belajar?

Posted on

.

Guru berpengalaman 10 tahun menyampaikan bahwa Rancangan RPP Merdeka Belajar memiliki beberapa perbedaan dengan RPP Kurikulum 2013 (K13). Perbedaan ini mencakup cara pandang yang berbeda terhadap pembelajaran, serta menyajikan profil siswa sebagai dasar dalam menentukan pembelajaran yang sesuai dengan bakat, minat, gaya belajar, dan keadaan sehari-hari siswa.

Perbedaan Antara RPP K13 dan RPP Merdeka Belajar

RPP K13 dan RPP Merdeka Belajar memiliki beberapa perbedaan dalam hal pandangan terhadap pembelajaran. RPP K13 lebih menekankan pada kurikulum yang telah ditetapkan dan lebih menekankan pada keterampilan akademik, sementara RPP Merdeka Belajar lebih menekankan pada keterampilan sosial dan emosional siswa. Selain itu, RPP K13 tidak menampilkan profil belajar, sementara RPP Merdeka Belajar menampilkan profil siswa sebagai latar belakang dalam menentukan pembelajaran yang sesuai dengan bakat, minat, gaya belajar bahkan keadaan sehari-hari siswa.

Kesempatan Belajar yang Lebih Besar

RPP K13 menyediakan kesempatan belajar yang lebih terbatas dibandingkan dengan RPP Merdeka Belajar. Dengan RPP K13, siswa hanya dapat mempelajari materi yang telah ditentukan dan hanya dapat mengikuti proses pembelajaran yang telah ditentukan. Sementara dengan RPP Merdeka Belajar, siswa dapat memilih materi yang ingin dipelajari dan memilih cara yang paling sesuai untuk mempelajarinya. Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari topik yang lebih luas dan mendalam.

Penggunaan Teknologi

RPP K13 menekankan penggunaan buku teks dan pengajaran secara konvensional, sementara RPP Merdeka Belajar menekankan penggunaan teknologi untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Dengan RPP Merdeka Belajar, siswa dapat menggunakan teknologi untuk mengakses informasi, mengerjakan tugas, dan berkomunikasi dengan teman dan guru. Ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Pembelajaran Berbasis Kompetensi

RPP K13 menekankan pembelajaran berbasis kurikulum, sementara RPP Merdeka Belajar menekankan pembelajaran berbasis kompetensi. Dengan RPP Merdeka Belajar, siswa dapat mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ini memungkinkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Pengawasan dan Evaluasi

RPP K13 menekankan pengawasan dan evaluasi secara konvensional, sementara RPP Merdeka Belajar menekankan pengawasan dan evaluasi yang lebih fleksibel. Dengan RPP Merdeka Belajar, siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan cara yang lebih fleksibel dan mengukur hasil pembelajaran dengan cara yang lebih akurat.

FAQ Tentang Perbedaan RPP K13 dan RPP Merdeka Belajar

Q: Apa perbedaan antara RPP K13 dan RPP Merdeka Belajar?

A: RPP K13 dan RPP Merdeka Belajar memiliki beberapa perbedaan dalam hal pandangan terhadap pembelajaran. RPP K13 lebih menekankan pada kurikulum yang telah ditetapkan dan lebih menekankan pada keterampilan akademik, sementara RPP Merdeka Belajar lebih menekankan pada keterampilan sosial dan emosional siswa. Selain itu, RPP K13 tidak menampilkan profil belajar, sementara RPP Merdeka Belajar menampilkan profil siswa sebagai latar belakang dalam menentukan pembelajaran yang sesuai dengan bakat, minat, gaya belajar bahkan keadaan sehari-hari siswa.

Q: Bagaimana RPP Merdeka Belajar memberikan kesempatan belajar yang lebih besar?

A: RPP K13 menyediakan kesempatan belajar yang lebih terbatas dibandingkan dengan RPP Merdeka Belajar. Dengan RPP K13, siswa hanya dapat mempelajari materi yang telah ditentukan dan hanya dapat mengikuti proses pembelajaran yang telah ditentukan. Sementara dengan RPP Merdeka Belajar, siswa dapat memilih materi yang ingin dipelajari dan memilih cara yang paling sesuai untuk mempelajarinya. Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari topik yang lebih luas dan mendalam.

Q: Bagaimana RPP Merdeka Belajar menggunakan teknologi?

A: RPP K13 menekankan penggunaan buku teks dan pengajaran secara konvensional, sementara RPP Merdeka Belajar menekankan penggunaan teknologi untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Dengan RPP Merdeka Belajar, siswa dapat menggunakan teknologi untuk mengakses informasi, mengerjakan tugas, dan berkomunikasi dengan teman dan guru. Ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Q: Apa yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis kompetensi?

A: Pembelajaran berbasis kompetensi adalah proses pembelajaran yang menekankan pada pengembangan kompetensi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. RPP K13 menekankan pembelajaran berbasis kurikulum, sementara RPP Merdeka Belajar menekankan pembelajaran berbasis kompetensi. Dengan RPP Merdeka Belajar, siswa dapat mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Q: Bagaimana RPP Merdeka Belajar mengatur pengawasan dan evaluasi?

A: RPP K13 menekankan pengawasan dan evaluasi secara konvensional, sementara RPP Merdeka Belajar menekankan pengawasan dan evaluasi yang lebih fleksibel. Dengan RPP Merdeka Bel

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *