8 Hal hal apa saja yang menjadi dasar analisis pekerjaan?

Posted on

Mengelola pekerjaan adalah salah satu tugas yang paling penting dalam organisasi. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan analisis pekerjaan. Analisis pekerjaan adalah proses yang menganalisis pekerjaan dan membantu dalam mengidentifikasi tugas-tugas yang harus dilakukan, mengukur kinerja, menetapkan standar kinerja, dan menentukan kompensasi yang tepat. Output dari kegiatan menganalisis pekerjaan adalah deskripsi pekerjaan yang harus terdiri dari delapan bagian, yakni judul pekerjaan, ringkasan singkat, aktivitas kerja, peralatan dan perlengkapan yang digunakan, konteks kerja, standar kinerja, informasi kompensasi, dan persyaratan pribadi.

Mengelola pekerjaan dengan benar melalui analisis pekerjaan dapat membantu organisasi mencapai tujuan dan sasaran mereka. Berikut adalah delapan hal yang harus dipertimbangkan ketika melakukan analisis pekerjaan:

1. Judul Pekerjaan: Judul pekerjaan harus mencerminkan tugas-tugas yang harus dilakukan. Ini juga harus mencerminkan struktur organisasi dan karir yang dapat dicapai.

2. Ringkasan Singkat: Ringkasan singkat harus menjelaskan secara singkat tujuan pekerjaan dan bagaimana pekerjaan tersebut akan dicapai.

3. Aktivitas Kerja: Aktivitas kerja harus menjelaskan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh pekerja.

4. Peralatan dan Perlengkapan yang Digunakan: Peralatan dan perlengkapan yang digunakan harus menjelaskan alat-alat yang harus digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

5. Konteks Kerja: Konteks kerja harus menjelaskan kondisi-kondisi yang harus dihadapi oleh pekerja.

6. Standar Kinerja: Standar kinerja harus menjelaskan tingkat kinerja yang diharapkan dari pekerja.

7. Informasi Kompensasi: Informasi kompensasi harus menjelaskan jenis kompensasi yang akan diterima oleh pekerja.

8. Persyaratan Pribadi: Persyaratan pribadi harus menjelaskan kualifikasi-kualifikasi yang harus dimiliki oleh pekerja.

Analisis pekerjaan adalah proses yang penting untuk mengelola pekerjaan dengan benar. Analisis pekerjaan harus mencakup delapan hal yang disebutkan di atas. Ini akan membantu organisasi mencapai tujuan dan sasaran mereka dengan lebih efektif. 7 Sep 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *