Sungai Raya – Kualitas masyarakat Kabupaten Kubu Raya kembali teruji secara kualitas tingkat nasional. Kali ini posyandu di Desa PAL IX, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya menjadi terbaik tingkat nasional berdasarkan penilaian Palang Merah Indonesia (PMI) bersama PT Astra Internasional.

Penilaian tersebut dilakukan secara spontan berdasarkan survei yang dilakukan PT Astra bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

“Hari Minggu kemarin, kader ‘Posyandu (Pusat Pelayanan Terpadu) Sehat Cerdas’ kita menerima penghargaan itu di Jakarta,” kata Normawati selaku pembina Posyandu Sehat Cerdas, Desa Pal IX kepada wartawan di Sungai Raya, kemarin.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan PT Astra Internasional mengacu pada proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, keaktifan kader posyandu, dan peran masyarakat setempat.

“Kita tidak menyangka kalau posyandu yang kita bina bisa meraih penghargaan tersebut, yang jelas ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita dan masyarakat Kubu Raya umumnya karena mendapatkan penilaian sebagai posyandu terbaik tingkat nasional,” tuturnya.

Wati mengatakan, penilaian oleh tim PT Astra dilakukan bersama BKKBN, Dinas Kesehatan dan beberapa pihak terkait lainnya pada awal bulan Oktober lalu. Sedangkan untuk pengumuman pemenangnya dilakukan pada Minggu malam kemarin.

“Kalau tidak salah saya ada sekitar sebelas penghargaan yang diberikan oleh PT Astra dan PMI dalam kegiatan tersebut, dan Alhamdulillah (Puji Tuhan) Kubu Raya mendapatkan penilaian sebagai posyandu terbaik se-Indonesia,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bidang kesehatan, kepedulian Astra difokuskan pada program Kesehatan Ibu dan Anak dengan menggelar Lomba Posyandu Binaan Grup Astra tingkat nasional yang diselenggarakan bulan September-Oktober 2011.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri yang terdiri dari Kementerian Kesehatan RI dan praktisi kesehatan, terpilih sebanyak 21 posyandu binaan Grup Astra di seluruh Indonesia setelah mengikuti seleksi keluar empat posyandu terbaik.

Penghargaan yang diberikan kepada empat posyandu terbaik yakni, Juara I mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp50 juta dari Posyandu Sehat Cerdas, Desa PAL IX, Kecamatan Sungai Kakap, Juara II mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp30 juta dari Posyandu Wijaya Kusuma IA, Tanjung Morawa, Sumatra Utara, Juara III mendapatkan dana pembinaan senilai Rp15 juta dari Posyandu Banjar Taman, Sanur, Denpasar, Bali dan Juara Harapan mendapatkan dana pembinaan senilai Rp3 juta dari Posyandu Flamboyan 7, Cikarang Barat, Jawa Barat.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut Normawati mengharapkan posyandu Sehat Cerdas bisa menjadi percontohan bagi posyandu lainnya baik yang ada di Kabupaten Kubu Raya, maupun Kalbar dan Indonesia khususnya.

Dia menyatakan, peran posyandu sangat penting dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat, aktif dan cerdas.

“Kita sangat bersyukur masyarakat yang ada di Desa Pal IX sangat tinggi sehingga Posyandu Sehat Cerdas ini bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya. (oen)

Sumber: Equator-news.com
Kamis, 3 November 2011
Didokumentasikan: 04 November 2011 | 15:58