PIP SD Setahun Berapa?

Posted on

Kalbariana.web.id – Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) merupakn salah satu bentuk dukungan pemerintah Indonesia terhadap pendidikan. PIP ditujukan bagi siswa di seluruh jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Namun, berapa besar bantuan PIP untuk siswa sekolah dasar (SD) dalam satu tahun?

PIP SD Setahun Berapa: Berapa Saja dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

PIP SD Setahun Berapa: Berapa Saja dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program dari Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu keluarga kurang mampu agar anak-anaknya mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik. Program ini terdiri dari beberapa jenjang, salah satunya adalah PIP SD (Sekolah Dasar).

Syarat PIP SD

Agar bisa mendapatkan bantuan dari PIP SD, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Warga negara Indonesia
  • Berasal dari keluarga kurang mampu
  • Siswa SD kelas 1-6
  • Memiliki akta kelahiran atau surat keterangan lahir
  • Melampirkan bukti pendapatan orang tua atau wali
  • Tidak termasuk penerima bantuan dari program lain seperti KIP dan BSM

Besaran Bantuan

PIP SD memberikan bantuan berupa uang saku per bulan untuk siswa yang terdaftar di program ini. Besaran uang saku yang diberikan adalah sebagai berikut:

Kelas Besaran Bantuan
1 – 3 Rp450.000,-
4 – 6 Rp750.000,-

Uang saku ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di sekolah seperti membeli buku, seragam, alat tulis, dan lain-lain.

Cara Mendaftar PIP SD

Bagi keluarga kurang mampu yang ingin mendaftarkan anaknya ke program PIP SD, dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Mengunduh formulir pendaftaran di laman kemdikbud.go.id.
  2. Mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan data diri dan data keluarga.
  3. Melampirkan dokumen yang dibutuhkan seperti akta kelahiran atau surat keterangan lahir dan bukti pendapatan orang tua atau wali.
  4. Menyerahkan formulir pendaftaran beserta dokumen yang dibutuhkan ke sekolah.

kemdikbud.go.id

Setelah dilakukan verifikasi data oleh pihak sekolah dan dinas pendidikan setempat, maka akan diberikan kepastian apakah siswa tersebut diterima di program PIP SD atau tidak.

Kesimpulan

Program Indonesia Pintar (PIP) khususnya PIP SD merupakan program yang sangat membantu keluarga kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anaknya. Dengan adanya program ini, diharapkan anak-anak tetap bisa mengakses pendidikan yang berkualitas meskipun berasal dari keluarga yang kurang mampu.

PIP SD Setahun Berapa: FAQs

PIP SD Setahun Berapa: FAQs

1. Apa itu PIP SD?

PIP SD atau Program Indonesia Pintar untuk Sekolah Dasar adalah program beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu biaya pendidikan bagi siswa-siswa SD di Indonesia.

2. Berapa lama PIP SD diberikan?

PIP SD diberikan setiap tahun kepada siswa-siswa SD selama 1 tahun ajaran.

3. Berapa jumlah PIP SD yang diberikan setiap tahun?

Jumlah PIP SD yang diberikan setiap tahun bervariasi tergantung pada dana yang tersedia. Namun, pemerintah selalu berusaha untuk memperluas cakupan program ini agar lebih banyak siswa SD yang dapat menerima manfaat dari PIP SD.

4. Bagaimana cara mendaftar PIP SD?

Siswa-siswa SD yang ingin mendaftar PIP SD dapat mengajukan permohonan langsung ke sekolah masing-masing dengan melengkapi dokumen yang diperlukan. Proses seleksi dan verifikasi akan dilakukan oleh pihak sekolah dan dinas pendidikan setempat.

5. Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar PIP SD?

Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar PIP SD meliputi fotokopi kartu keluarga, fotokopi rekening listrik atau air, serta surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kecamatan setempat.

Dengan PIP SD, siswa-siswa di seluruh Indonesia dapat memperoleh akses pendidikan yang lebih baik dan merata. Dan jangan lupa, ayo terus semangat belajar!

KAPAN PIP KIP CAIR | Video

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *