Mengenal Waktu yang Tepat Membawa Pasien Gangguan Jiwa ke Puskesmas

Posted on

Kalbariana.web.id – Oleh: Seorang dokter dengan pengalaman 10 tahun di Puskesmas

Bagi sebagian orang, membawa pasien gangguan jiwa ke puskesmas bukanlah hal yang mudah. Ada yang menganggap bahwa kondisi tersebut bukanlah hal yang serius atau bahkan memandangnya sebelah mata. Padahal, gangguan jiwa adalah kondisi yang serius dan membutuhkan penanganan yang tepat dan cepat. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai kapan waktu yang tepat untuk membawa pasien gangguan jiwa ke puskesmas.

Ketika seseorang mengalami gangguan jiwa, banyak orang yang masih bingung dan tidak tahu harus melakukan apa. Pada umumnya, mereka akan membawa pasien ke puskesmas ketika kondisinya sudah semakin parah. Padahal, seharusnya pasien sudah dibawa ke puskesmas sejak dini agar kondisi tidak semakin parah dan memudahkan proses pengobatan.

1. Gejala awal gangguan jiwa yang perlu diperhatikan

1. Gejala awal gangguan jiwa yang perlu diperhatikan

Ada beberapa gejala awal gangguan jiwa yang perlu diperhatikan oleh keluarga atau orang terdekat pasien. Beberapa gejala tersebut antara lain seperti perubahan mood, kecemasan yang berlebih, sulit tidur, dan kesulitan berpikir. Jika gejala tersebut sudah dirasakan oleh pasien, sebaiknya segera dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Ketika pasien mengalami tindakan yang membahayakan dirinya sendiri atau orang lain

Jika pasien mengalami tindakan yang membahayakan dirinya sendiri atau orang lain seperti mencoba bunuh diri atau merusak barang, sebaiknya segera dibawa ke puskesmas. Pasien membutuhkan perlindungan dan penanganan yang tepat agar tindakannya tidak semakin membahayakan dirinya atau orang lain.

3. Saat pasien merasakan gangguan yang mengganggu aktivitas sehari-hari

Ketika pasien merasakan gangguan yang mengganggu aktivitas sehari-hari seperti kesulitan berkomunikasi, sulit berkonsentrasi, dan hilangnya minat terhadap aktivitas yang disukai, sebaiknya segera dibawa ke puskesmas. Pasien membutuhkan penanganan yang tepat agar aktivitas sehari-hari tidak semakin terganggu dan keadaannya tidak semakin memburuk.

4. Ketika pasien sudah tidak mampu mengendalikan diri

Jika pasien sudah tidak mampu mengendalikan diri dan mulai mengeluarkan tindakan yang tidak wajar seperti marah-marah, berteriak, atau melakukan kekerasan fisik, sebaiknya segera dibawa ke puskesmas. Pasien membutuhkan penanganan yang cepat agar tidak semakin berbahaya baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *