Membuat Argumentasi yang Kuat dalam Surat Lamaran Pekerjaan: Contoh dan Tips

Posted on

Kalbariana.web.id – Surat lamaran pekerjaan adalah hal yang wajib dikirimkan oleh pelamar kerja untuk menunjukkan minat dan kualifikasi mereka terhadap posisi pekerjaan yang diinginkan. Sebagai pelamar kerja, kamu harus bisa membuat argumentasi yang kuat untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Namun, membuat argumentasi yang kuat bukanlah hal yang mudah. Kamu harus bisa memilih kata-kata dengan tepat, menghubungkan kualifikasi diri dengan kebutuhan perusahaan, dan menunjukkan passion yang kamu miliki terhadap bidang pekerjaan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa tips dan contoh surat lamaran pekerjaan yang baik untuk membantumu dalam membuat argumentasi yang kuat.

Pilih Kata-kata yang Tepat

Pilih Kata-kata yang TepatSumber: bing

Pilihan kata yang tepat dapat membuat surat lamaran pekerjaanmu terdengar lebih profesional dan meyakinkan. Pastikan untuk menggunakan kata-kata positif dan kuat untuk menggambarkan kualifikasi dan pengalamanmu. Sebagai contoh, bukan hanya mengatakan bahwa kamu memiliki pengalaman dalam bidang tersebut, tapi juga mengatakan bahwa kamu memiliki “pengalaman yang luas dan mendalam” dalam bidang tersebut.

Selain itu, hindari penggunaan kata-kata negatif seperti “tidak” atau “kurang”. Penggunaan kata-kata tersebut dapat menunjukkan ketidakpercayaan diri dan dapat merusak argumentasimu.

Terakhir, pastikan untuk menggunakan kata-kata yang sesuai dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan yang kamu lamar.

Hubungkan Kualifikasi dengan Kebutuhan Perusahaan

Hubungkan Kualifikasi dengan Kebutuhan PerusahaanSumber: bing

Ketika membuat surat lamaran pekerjaan, pastikan untuk menghubungkan kualifikasi dirimu dengan kebutuhan perusahaan. Bacalah deskripsi pekerjaan dengan seksama dan cari tahu apa yang diharapkan oleh perusahaan dari kandidat yang ideal. Kemudian, tandai kualifikasi yang kamu miliki dan kaitkan dengan kebutuhan perusahaan.

Jangan ragu untuk menunjukkan bagaimana kualifikasi dirimu dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Misalnya, jika perusahaan mencari seseorang yang kreatif dan inovatif, kamu dapat menunjukkan pengalamanmu dalam membuat kampanye pemasaran yang sukses dan bagaimana itu dapat membantu perusahaan dalam mencapai target penjualan mereka.

Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu bukan hanya kandidat yang memiliki kualifikasi yang bagus, tetapi kamu juga memahami kebutuhan dan tujuan perusahaan.

Tunjukkan Passionmu

Tunjukkan PassionmuSumber: bing

Terakhir, pastikan untuk menunjukkan passionmu terhadap bidang pekerjaan yang kamu lamar. Hal ini dapat menunjukkan keinginanmu untuk belajar dan berkembang dalam bidang tersebut. Kamu dapat menunjukkan passionmu dengan memberikan contoh pengalamanmu dalam bidang tersebut, atau menjelaskan bagaimana kamu tertarik dengan pekerjaan tersebut dan ingin berkontribusi dalam perusahaan.

Bagaimanapun juga, menunjukkan passionmu dapat meningkatkan kesan positif dan dapat membantu kamu menonjol dari pelamar lainnya.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *