Pontianak, BERKAT. 204 Dewan pengurus Pusat Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kali¬mantan Barat masa bhakti 2012-2017 Senin (14/1) malam, resmi dilantik di Rumah Budaya Melayu Jalan Sutan Syahrir Pontianak. Ketua Umum MABM Kalbar, Chairil Effendi, mengatakan MABM Kalbar sudah merampungkan Kamus Melayu Kalbar, sedangkan untuk kamus melayu daerah lainnya akan segera menyusul.

“Khusus untuk kamus bahasa Melayu Sambas, sudah hampir rampung. Sedangkan kamus Bahasa Melayu daerah lainnya, juga sudah mulai dilaksanakan pengerjaannya,” katanya.

Selaku Ketua Umum MABM, ia berharap Budaya Melayu akan kembali bangkit dan semakin besar. la optimis, generasi muda Melayu yang saat ini sudah mulai terkontaminasi oleh arus perkembangan zaman pada akhirnya akan kembali kepada budaya dasarnya, yakni Melayu. “Masyarakat Melayu sesungguhnya adalah masyarakat yang mengutamakan pengetahuan. Tetapi saat ini mengalami degradasi,” paparnya.

Khairil bercita-cita ingin menjadikan masyarakat Melayu menjadi masyarakat yang cerdas, cerdas sebagai masyarakat Melayu, cerdas dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahannya dan cerdas menyikapi masa depannya.

la juga menegaskan akan melanjutkan kembali program-program yang lalu belum terlaksana guna melestarikan budaya Melayu yang kian terkikis oleh zaman. “Kita tidak memungkiri hal itu, dan menjadi pekerjaan rumah bagi pengurus MABM Kalbar yang harus diselesaikan, guna menyiapkan warisan bagi generasi Melayu,” ujarnya optimis.

Mantan Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak ini menuturkan bahwa kepengurusan MABM periode 2012-2017 kali ini akan menjalankan berbagai macam program kerja yang telah dipersiapkan dengan matang. Yang mana program kerja yang akan dijalankan didasari dengan pijakan bahwa MABM, kata Chairil Effendi adalah organisasi kemasyarakatan khususnya masyarakat Melayu. Tentu ada beberapa program kerja yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan, diantaranya menjaga keharmonisan, internal MABM sendiri dan masyarakat melayu, serta dengan masyarakat lainnya,” ujarnya. (jon)

Sumber: Harian Berkat, Kamis, 17 Januari 2013, hlm. 20
Diupload: 17 Januari 2013 | 10:47