Langkah langkah perencanaan tes?

Posted on

Perencanaan tes merupakan proses yang penting untuk menjamin bahwa tes yang dibuat dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam penyusunan tes secara garis besar ada enam langkah yang harus ditempuh untuk sampai kepada menghasilkan sebuah tes. Langkah-langkah tersebut adalah mendefinisikan tes, memilih metode skala, menyusun item, menguji item, merevisi tes, dan menerbitkan tes.

Mendefinisikan Tes

Langkah pertama dalam perencanaan tes adalah mendefinisikan tes. Hal ini penting untuk menetapkan tujuan tes, memilih subjek yang akan diuji, dan menentukan jenis tes yang akan dibuat. Hal ini juga penting untuk menentukan jumlah item yang akan ditampilkan dalam tes, dan menentukan jenis item yang akan ditampilkan.

Memilih Metode Skala

Langkah kedua dalam perencanaan tes adalah memilih metode skala. Metode skala yang dipilih akan menentukan bagaimana hasil tes akan diinterpretasikan. Beberapa metode skala yang umum digunakan adalah skala Likert, skala pilihan ganda, skala benar-salah, dan skala skor terbuka.

Menyusun Item

Langkah ketiga dalam perencanaan tes adalah menyusun item. Hal ini penting untuk memastikan bahwa item yang dipilih adalah valid dan dapat diandalkan untuk mengukur tujuan tes. Hal ini juga penting untuk memastikan bahwa item yang dipilih adalah tepat untuk tingkat kesulitan yang diinginkan.

Menguji Item

Langkah keempat dalam perencanaan tes adalah menguji item. Hal ini penting untuk memastikan bahwa item yang dipilih valid dan dapat diandalkan untuk mengukur tujuan tes. Hal ini juga penting untuk memastikan bahwa item yang dipilih dapat mengukur keterampilan yang diinginkan.

Merevisi Tes

Langkah kelima dalam perencanaan tes adalah merevisi tes. Hal ini penting untuk memastikan bahwa tes yang dibuat dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini juga penting untuk memastikan bahwa tes yang dibuat valid dan dapat diandalkan untuk mengukur tujuan tes.

Menerbitkan Tes

Langkah terakhir dalam perencanaan tes adalah menerbitkan tes. Hal ini penting untuk memastikan bahwa tes yang dibuat dapat digunakan dengan efektif dan dapat diakses oleh para peserta tes. Hal ini juga penting untuk memastikan bahwa tes yang dibuat dapat diakses oleh para peserta tes secara cepat dan mudah.

Kesimpulan

Perencanaan tes merupakan proses yang penting untuk menjamin bahwa tes yang dibuat dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Langkah-langkah dalam perencanaan tes adalah mendefinisikan tes, memilih metode skala, menyusun item, menguji item, merevisi tes, dan menerbitkan tes. Dengan mematuhi langkah-langkah ini, para perencana tes dapat memastikan bahwa tes yang dibuat valid dan dapat diandalkan untuk mengukur tujuan tes.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *