Metode/Strategi/Model Pembelajaran 9. Media/Sumber Belajar 10. Alat Peraga 11. Penilaian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu dokumen penting yang harus disusun oleh guru dalam menyusun proses pembelajaran. RPP harus mencakup komponen-komponen yang penting agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Komponen-komponen tersebut meliputi:
1. Identitas Pembelajaran
Identitas pembelajaran merupakan komponen yang paling penting dalam RPP. Identitas pembelajaran meliputi informasi seperti nama guru, nama sekolah, mata pelajaran, kelas, dan jumlah jam pelajaran. Identitas pembelajaran juga mencakup informasi lain seperti tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan jenis kegiatan yang akan dilakukan.
2. Tema/Sub Tema Pembelajaran
Tema/sub tema pembelajaran adalah tema yang akan dibahas dalam proses pembelajaran. Tema/sub tema pembelajaran harus ditentukan dengan jelas sehingga siswa dapat memahami materi yang akan diajarkan.
3. Standar Kompetensi/Kompetensi Inti/Tahapan Pencapaian Perkembangan
Standar kompetensi/kompetensi inti/tahapan pencapaian perkembangan adalah standar yang harus dicapai oleh siswa dalam proses pembelajaran. Standar ini harus ditentukan dengan jelas agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.
4. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa sebelum mengikuti proses pembelajaran. Kompetensi dasar harus ditentukan dengan jelas agar siswa dapat memahami materi yang akan diajarkan.
5. Indikator
Indikator adalah petunjuk yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Indikator harus ditentukan dengan jelas agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.
6. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang ingin dicapai oleh siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus ditentukan dengan jelas agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.
7. Materi Pelajaran
Materi pelajaran adalah materi yang akan diajarkan dalam proses pembelajaran. Materi pelajaran harus ditentukan dengan jelas agar siswa dapat memahami materi yang akan diajarkan.
8. Metode/Strategi/Model Pembelajaran
Metode/strategi/model pembelajaran adalah metode/strategi/model yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Metode/strategi/model pembelajaran harus ditentukan dengan jelas agar siswa dapat memahami materi yang akan diajarkan.
9. Media/Sumber Belajar
Media/sumber belajar adalah media/sumber yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Media/sumber belajar harus ditentukan dengan jelas agar siswa dapat memahami materi yang akan diajarkan.
10. Alat Peraga
Alat peraga adalah alat yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Alat peraga harus ditentukan dengan jelas agar siswa dapat memahami materi yang akan diajarkan.
11. Penilaian
Penilaian adalah proses yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penilaian harus ditentukan dengan jelas agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.
Kesimpulannya, Komponen Penyusunan RPP yang harus ada adalah Identitas Pembelajaran, Tema/Sub Tema Pembelajaran, Standar Kompetensi/Kompetensi Inti/Tahapan Pencapaian Perkembangan, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pelajaran, Metode/Strategi/Model Pembelajaran, Media/Sumber Belajar, Alat Peraga, dan Penilaian. Dengan memiliki komponen-komponen tersebut, RPP akan menjadi lebih efektif dan efisien dalam menyusun proses pembelajaran.