Kendala apa saja yang ditemukan guru saat membuat bahan ajar untuk peserta didiknya?

Posted on

.

Guru yang berpengalaman 10 tahun tentu tahu bahwa membuat bahan ajar yang tepat untuk peserta didiknya adalah tugas yang berat. Kendala yang sering dihadapi guru berkenaan dengan bahan ajar adalah guru memberikan bahan ajar atau materi pembelajaran terlalu luas atau terlalu sedikit, terlalu mendalam atau terlalu dangkal, urutan penyajian yang tidak tepat, dan jenis materi bahan ajar yang tidak sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.

Kendala Pemberian Bahan Ajar Terlalu Luas atau Terlalu Sedikit

Kendala yang paling umum dihadapi guru adalah pemberian bahan ajar terlalu luas atau terlalu sedikit. Hal ini dapat menyebabkan peserta didik tidak dapat menyerap materi dengan baik. Jika materi yang diberikan terlalu luas, maka peserta didik akan merasa kewalahan dan tidak dapat menyerap materi dengan baik. Sebaliknya, jika materi yang diberikan terlalu sedikit, maka peserta didik akan merasa bahwa materi yang diberikan tidak cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus memastikan bahwa materi yang diberikan adalah cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kendala Pemberian Bahan Ajar Terlalu Mendalam atau Terlalu Dangkal

Kendala lain yang sering dihadapi guru adalah pemberian bahan ajar terlalu mendalam atau terlalu dangkal. Hal ini dapat menyebabkan peserta didik tidak dapat menyerap materi dengan baik. Jika materi yang diberikan terlalu mendalam, maka peserta didik akan merasa kewalahan dan tidak dapat menyerap materi dengan baik. Sebaliknya, jika materi yang diberikan terlalu dangkal, maka peserta didik akan merasa bahwa materi yang diberikan tidak cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus memastikan bahwa materi yang diberikan adalah cukup mendalam untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kendala Urutan Penyajian yang Tidak Tepat

Kendala lain yang sering dihadapi guru adalah urutan penyajian yang tidak tepat. Hal ini dapat menyebabkan peserta didik tidak dapat menyerap materi dengan baik. Jika urutan penyajian yang diberikan tidak tepat, maka peserta didik akan merasa bingung dan tidak dapat menyerap materi dengan baik. Oleh karena itu, guru harus memastikan bahwa urutan penyajian yang diberikan adalah tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kendala Jenis Materi Bahan Ajar yang Tidak Sesuai dengan Kompetensi yang Ingin Dicapai

Kendala lain yang sering dihadapi guru adalah jenis materi bahan ajar yang tidak sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Hal ini dapat menyebabkan peserta didik tidak dapat menyerap materi dengan baik. Jika jenis materi bahan ajar yang diberikan tidak sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai, maka peserta didik akan merasa bahwa materi yang diberikan tidak cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus memastikan bahwa jenis materi bahan ajar yang diberikan adalah sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.

FAQ:
Q: Apa saja kendala yang dihadapi guru saat membuat bahan ajar untuk peserta didiknya?
A: Kendala yang sering dihadapi guru berkenaan dengan bahan ajar adalah guru memberikan bahan ajar atau materi pembelajaran terlalu luas atau terlalu sedikit, terlalu mendalam atau terlalu dangkal, urutan penyajian yang tidak tepat, dan jenis materi bahan ajar yang tidak sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.

Q: Bagaimana cara mengatasi kendala tersebut?
A: Untuk mengatasi kendala tersebut, guru harus memastikan bahwa materi yang diberikan adalah cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran, cukup mendalam untuk mencapai tujuan pembelajaran, urutan penyajian yang diberikan adalah tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan jenis materi bahan ajar yang diberikan adalah sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.

Q: Apa yang harus dilakukan guru untuk memastikan bahwa materi yang diberikan adalah cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran?
A: Guru harus memastikan bahwa materi yang diberikan adalah cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan mengkaji materi yang akan diberikan, membuat rencana pembelajaran yang tepat, dan mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk memastikan bahwa materi yang diberikan telah diserap dengan baik.

Q: Bagaimana cara memastikan bahwa urutan penyajian yang diberikan adalah tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran?
A: Guru harus memastikan bahwa urutan penyajian yang diberikan adalah tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan membuat rencana pembelajaran yang tepat, mengkaji materi yang akan diberikan, dan mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk memastikan bahwa materi yang diberikan telah diserap dengan baik.

Q: Bagaimana cara memastikan bahwa jenis materi bahan ajar yang diberikan adalah sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai?
A: Guru harus memastikan bahwa jenis materi bahan ajar yang diberikan adalah sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dengan membuat rencana pembelajaran yang tepat, mengkaji materi yang akan diberikan, dan mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk memastikan bahwa materi yang diberikan telah diserap dengan baik.

Q: Apa yang harus dilakukan guru untuk memastikan bahwa materi yang diberikan adalah cukup mendalam untuk mencapai tujuan pembelajaran?
A: Guru harus memastikan bahwa materi yang diberikan adalah cukup mendalam untuk mencapai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *