Kapan suatu penawaran dikatakan tidak elastis sempurna?

Posted on

Kapan suatu penawaran dikatakan tidak elastis sempurna?

Suatu penawaran dikatakan tidak elastis sempurna jika jumlahnya dipasok dengan berapa pun harganya. Elastisitas penawaran seperti itu adalah nol, artinya tidak ada elastisitas. Contohnya, jenis elastisitas seperti ini yaitu pasokan barang-barang eksklusif seperti lukisan Mona Lisa.

Elastisitas penawaran sempurna adalah konsep ekonomi yang menunjukkan bagaimana harga dan jumlah yang dipasok berubah berdasarkan perubahan harga. Elastisitas penawaran sempurna mengacu pada penawaran yang tidak elastis, yang berarti bahwa jumlah yang dipasok tidak berubah ketika harga berubah.

Contoh lain dari penawaran yang tidak elastis sempurna adalah pasokan barang-barang yang tidak dapat diperbaharui, seperti minyak bumi. Karena pasokan minyak bumi tidak dapat diperbaharui, maka jumlahnya tetap sama, tidak peduli berapa harga yang ditawarkan.

Selain itu, jenis barang-barang yang tidak dapat diperbaharui, seperti lukisan Mona Lisa, juga dapat memiliki penawaran yang tidak elastis sempurna. Meskipun harga yang ditawarkan untuk lukisan Mona Lisa mungkin berubah, jumlahnya tetap sama.

Selain barang-barang eksklusif, ada juga jenis barang-barang yang memiliki penawaran yang tidak elastis sempurna. Contohnya adalah barang-barang yang memiliki biaya produksi yang tinggi, seperti peralatan medis. Karena biaya produksi yang tinggi, jumlah yang dipasok tidak akan berubah, meskipun harga berubah.

Untuk mengetahui kapan suatu penawaran dikatakan tidak elastis sempurna, Anda harus memahami konsep elastisitas penawaran sempurna. Elastisitas penawaran sempurna mengacu pada penawaran yang tidak elastis, yang berarti bahwa jumlah yang dipasok tidak berubah ketika harga berubah. Jadi, jika jumlah yang dipasok tetap sama, meskipun harga berubah, maka penawaran tersebut dikatakan tidak elastis sempurna.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang elastisitas penawaran sempurna, Anda dapat mengunjungi situs web ekonomi dan membaca tentang topik ini. Anda juga dapat mencari tahu lebih banyak tentang konsep ini dengan membaca buku-buku tentang ekonomi. Dengan cara ini, Anda dapat memahami lebih lanjut tentang kapan suatu penawaran dikatakan tidak elastis sempurna. 26 Feb 2022.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments