Hal hal apa saja yang harus diperhatikan seorang guru dalam menyusun suatu soal agar dikategorikan baik?

Posted on

Membuat soal yang baik dan berkualitas adalah salah satu tugas yang paling penting bagi seorang guru. Soal yang baik dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan membantu guru menilai kemampuan siswa. Namun, menyusun soal yang baik tidaklah mudah. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru dalam menyusun suatu soal agar dikategorikan baik:

Pertama, pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas. Rumusan pokok soal harus menyampaikan inti dari pertanyaan dan menyediakan petunjuk yang jelas bagi siswa untuk menjawab. Ini akan membantu siswa memahami inti dari pertanyaan dan menghindari kebingungan.

Kedua, rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja. Jangan menyertakan informasi yang tidak diperlukan yang dapat menyesatkan siswa. Juga, jangan menyertakan informasi yang bersifat subjektif atau bersifat debat.

Ketiga, pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar. Jangan menggunakan kata-kata yang dapat membuat siswa menebak jawaban yang benar. Juga, jangan menggunakan kata-kata yang dapat membuat siswa menjawab dengan cara yang salah.

Keempat, pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda. Pernyataan negatif ganda dapat membingungkan siswa dan menyebabkan mereka salah menjawab.

Kelima, pokok soal harus mencakup semua informasi yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan. Jangan menyertakan informasi yang tidak diperlukan yang dapat menyesatkan siswa.

Keenam, pokok soal harus memiliki satu jawaban yang benar. Jangan menyertakan jawaban yang ambigu atau jawaban yang dapat diinterpretasikan dalam berbagai cara.

Ketujuh, pokok soal harus mencakup semua pilihan jawaban yang mungkin. Jangan menyertakan pilihan jawaban yang hanya menyebabkan siswa menebak jawaban yang benar.

Kedelapan, pokok soal harus mencakup semua informasi yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan. Jangan menyertakan informasi yang tidak diperlukan yang dapat menyesatkan siswa.

Kesembilan, pokok soal harus menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Jangan menggunakan bahasa yang rumit atau kata-kata yang sulit dimengerti.

Kesepuluh, pokok soal harus ditulis dengan benar dan jelas. Jangan menggunakan bahasa yang ambigu atau bahasa yang tidak jelas.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, seorang guru dapat membuat soal yang baik dan berkualitas. Soal yang baik akan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan membantu guru menilai kemampuan siswa. Oleh karena itu, guru harus memperhatikan hal-hal di atas ketika menyusun soal. 28 Januari 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *