Foto: Henry Herdiana / pasangmata.com

Foto: Henry Herdiana / pasangmata.com


Jakarta – Sesuai prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gerhana matahari total di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, dapat dilihat dengan sempurna. Sebelumnya BMKG memprakirakan cuaca di kabupaten paling selatan di Kalimantan Barat itu akan cerah.

Ketapang satu-satunya satu-satunya wilayah di Kalimantan Barat yang dilewati gerhana matahari total. Adapun pusat pengamatan gerhana di Ketapang ada di Kota Kendawangan yang berada di ujung selatan kabupaten ini.

Henry Herdiana mengirimkan hasil jepretan suasana saat gerhana matahari total di Kendawangan ke pasangmata.com. Saat gerhana mencapai puncaknya dan korona matahari pun terlihat.

Korona dianggap sebagai pemandangan langka yang paling indah saat terjadi gerhana matahari. Korona atau kadang disebut mahkota matahari sebenarnya adalah atmosfir matahari yang hanya bisa dilihat ketika cahaya matahari ke bumi meredup seperti kala gerhana.

Kendawangan dikenal sebagai kota pertambangan. Hasil tambang dari daerah ini antara lain intan, emas, dan timah hitam.

Suasana gerhana matahari di dermaga singhe pontianak (Muhyidin Muhammad/pembaca detikcom)

Suasana gerhana matahari di dermaga singhe pontianak (Muhyidin Muhammad/pembaca detikcom)


Sementara itu di Ibu Kota Provinsi Kalbar, Pontianak, gerhana matahari parsial mencapai 93 persen. Namun, gerhana tak terlihat karena tertutup awan. “Dini hari tadi hujan lebat di Pontianak,” kata warga Pontianak, Muhyidin Muhammad, dalam surat elektroniknya kepada detikcom.

Dari foto yang dikirim Muhyidin, nampak semburat cahaya matahari pagi di Pontianak. Namun dalam foto yang diambil di Dermaga Singhe tersebut matahari tak terlihat karena terhalang awan.
(okt/okt)

Sumber:
http://news.detik.com/berita/3161141/gerhana-total-di-kalbar-cuma-di-ketapang-ini-penampakannya
Rabu 09 Mar 2016, 16:07 WIB
Okta Wiguna – detikNews