Faktor apa yang mempengaruhi permintaan?

Posted on

Faktor apa yang mempengaruhi permintaan?

Menurut Mankiw (2003), ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen atas suatu barang. Faktor-faktor ini dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam pasar, sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar pasar.

Faktor internal yang mempengaruhi permintaan adalah harga barang itu sendiri, harga barang lain, pendapatan konsumen, jumlah konsumen, selera konsumen dan perkiraan di masa yang akan datang. Harga barang itu sendiri merupakan faktor yang paling penting karena harga yang lebih tinggi akan mengurangi permintaan, sedangkan harga yang lebih rendah akan meningkatkan permintaan. Harga barang lain juga dapat mempengaruhi permintaan, misalnya jika harga barang lain meningkat, maka permintaan akan turun. Pendapatan konsumen juga mempengaruhi permintaan, karena semakin tinggi pendapatan konsumen, semakin tinggi pula permintaan. Jumlah konsumen juga mempengaruhi permintaan, karena semakin banyak konsumen yang ada, semakin tinggi pula permintaan. Selera konsumen juga mempengaruhi permintaan, karena jika selera konsumen berubah, maka permintaan akan berubah. Perkiraan di masa yang akan datang juga mempengaruhi permintaan, karena jika konsumen berpikir bahwa harga akan naik di masa depan, maka mereka akan membeli lebih banyak barang sekarang.

Faktor eksternal yang mempengaruhi permintaan adalah kebijakan pemerintah, tingkat inflasi, tingkat suku bunga, tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat keterbukaan perdagangan, dan faktor lainnya. Kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi permintaan dengan mengubah harga barang, mengubah tingkat pajak, atau mengubah tingkat suku bunga. Tingkat inflasi juga dapat mempengaruhi permintaan, karena jika tingkat inflasi tinggi, maka harga barang akan meningkat, yang akan mengurangi permintaan. Tingkat suku bunga juga dapat mempengaruhi permintaan, karena jika tingkat suku bunga tinggi, maka konsumen akan lebih cenderung untuk menabung daripada membeli barang. Tingkat pertumbuhan ekonomi juga dapat mempengaruhi permintaan, karena jika tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi, maka permintaan akan meningkat. Tingkat keterbukaan perdagangan juga dapat mempengaruhi permintaan, karena jika tingkat keterbukaan perdagangan tinggi, maka konsumen akan lebih cenderung untuk membeli barang dari luar negeri.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen atas suatu barang. Faktor-faktor ini dapat dibagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi permintaan adalah harga barang itu sendiri, harga barang lain, pendapatan konsumen, jumlah konsumen, selera konsumen dan perkiraan di masa yang akan datang. Faktor eksternal yang mempengaruhi permintaan adalah kebijakan pemerintah, tingkat inflasi, tingkat suku bunga, tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat keterbukaan perdagangan, dan faktor lainnya. Dengan memahami faktor-faktor ini, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang apa yang harus dibeli dan kapan harus membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *