Dokumen guru apa saja?

Posted on

Dokumen administrasi guru adalah sekumpulan dokumen yang harus dimiliki oleh setiap guru untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Tanpa dokumen ini, guru tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Oleh karena itu, di tahun 2021 ini, para guru harus mempersiapkan 9 dokumen administrasi guru yang wajib dimiliki.

Dokumen pertama yakni kalender pendidikan. Kalender pendidikan adalah dokumen yang berisi jadwal kegiatan belajar mengajar, libur sekolah, dan jadwal ujian. Dengan kalender pendidikan, guru dapat membuat rencana pembelajaran yang tepat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kedua, dokumen PROMES (Program Semester). PROMES adalah dokumen yang berisi program semester untuk setiap mata pelajaran. Dokumen ini berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga asesmen yang akan dilakukan. Dengan dokumen ini, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Ketiga, dokumen PROTA. PROTA adalah dokumen yang berisi deskripsi mata pelajaran yang akan diajarkan. Dokumen ini berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga asesmen yang akan dilakukan. Dengan dokumen ini, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Keempat, dokumen silabus. Silabus adalah dokumen yang berisi deskripsi mata pelajaran yang akan diajarkan. Dokumen ini berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga asesmen yang akan dilakukan. Dengan dokumen ini, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Kelima, dokumen Analisis SK dan KD. Analisis SK dan KD adalah dokumen yang berisi deskripsi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan diajarkan. Dokumen ini berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga asesmen yang akan dilakukan. Dengan dokumen ini, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Keenam, dokumen asesmen. Asesmen adalah dokumen yang berisi deskripsi asesmen yang akan dilakukan. Dokumen ini berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga asesmen yang akan dilakukan. Dengan dokumen ini, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Ketujuh, dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah dokumen yang berisi deskripsi rencana pelaksanaan pembelajaran. Dokumen ini berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga asesmen yang akan dilakukan. Dengan dokumen ini, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Kedelapan, dokumen KKM. KKM adalah dokumen yang berisi deskripsi kriteria kelulusan minimal yang harus dicapai oleh siswa. Dokumen ini berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga asesmen yang akan dilakukan. Dengan dokumen ini, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Nah, itulah 9 dokumen administrasi guru yang wajib dimiliki di tahun 2021 ini. Dengan memiliki dokumen-dokumen ini, para guru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan memastikan bahwa setiap siswa dapat mencapai kriteria kelulusan minimal yang telah ditentukan pada tanggal 30 Mei 2022.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments