COVER KAMUS BERGAMBAR (Phone)
Kamus Bergambar dan Glosarium Budaya Melayu Pontianak
Pengarang: Agus Syahrani, dan Mellisa Jupitasari Subjek: Bahasa Penerbit: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantann Barat Tahun: 2021 ISBN: 978-602-73135-5-2 Halaman: 172 halaman Pages Dimensi: 21 cm.
Deskripsi:

Bahasa Melayu Pontianak merupakan salah satu bahasa daerah yang ada di Kalimantan Barat. Bahasa Melayu Pontianak ini menjadi lingua franca tidak saja di Kota Pontianak, tetapi juga di Mempawah dan Kubu Raya.

Penyusunan Kamus Bergambar dan Glosarium Budaya Melayu Pontianak ini terinspirasi dengan perkembangan zaman dan era industri 4.0 yang serba cepat dan instan. Pada era industri kreatif ini bahasa daerah seringkali diabaikan dan tidak diacuhkan sehingga bisa membahayakan upaya pelestarian bahasa daerah.

Penerbitan kamus bergambar dan glosarium budaya sebagai usaha untuk menghadirkan narasi tentang Melayu Pontianak dalam bentuk kosakata. Usaha ini diharapkan bisa menjadikan orang Melayu Pontianak bangga dengan bahasa daerahnya sendiri. Hal ini juga sebagai upaya untuk mendokumentasikan dan melestarikan bahasa daerah pada era industri 4.0 ini.

Kamus ini dilengkapi dengan gambar sebagai ilustrasi yang bisa dipelajari dengan mudah oleh anak PAUD, remaja, dan dewasa. Selain itu, ada juga bab-bab lainnya yang mengandung glosarium dan istilah budaya yang akrab dengan kehidupan orang Melayu Pontianak. Dengan demikian, pembaca diajak untuk lebih dekat dengan budaya Melayu di Pontianak. Kami berharap buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mengenal bahasa Melayu Pontianak secara lebih dekat. Semoga masyarakat Melayu Pontianak dan sekitarnya lebih menghargai budaya dan kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang di sekitarnya.