Berapa jam P5 dalam Kurikulum Merdeka?

Posted on

.

Paragraf Pembukaan
Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program pemerintah yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu aspek yang menjadi perhatian adalah alokasi waktu untuk pelaksanaan Pendidikan Kewarganegaraan (P5). Alokasi waktu yang disediakan untuk pelaksanaan P5 adalah sebanyak 360 jam pelajaran pertahun untuk jenjang SMP dan 250 jam pelajaran untuk jenjang SD. Sehingga alokasi waktu tersebut apabila dibagi dengan dua semester menjadi 180 jam pelajaran. 22 Jul 2022 sebagai referensi.

Topik 1: Tujuan P5 dalam Kurikulum Merdeka
Pendidikan Kewarganegaraan (P5) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan dari P5 adalah untuk meningkatkan kesadaran warga negara tentang hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara. Selain itu, P5 juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga negara tentang pentingnya menjaga dan melestarikan keutuhan NKRI. Dengan demikian, P5 dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Topik 2: Komponen P5 dalam Kurikulum Merdeka
Komponen P5 dalam Kurikulum Merdeka terdiri dari beberapa aspek, yaitu aspek konseptual, aspek praktis, dan aspek keterampilan. Aspek konseptual meliputi pemahaman tentang hak dan kewajiban warga negara, pentingnya menjaga dan melestarikan keutuhan NKRI, serta pemahaman tentang hak asasi manusia. Aspek praktis meliputi pemahaman tentang proses pembuatan keputusan, proses pengambilan keputusan, serta proses pembuatan undang-undang. Sedangkan aspek keterampilan meliputi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan menyelesaikan masalah.

Topik 3: Manfaat P5 dalam Kurikulum Merdeka
Manfaat P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah untuk meningkatkan kesadaran warga negara tentang hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara. Selain itu, P5 juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga negara tentang pentingnya menjaga dan melestarikan keutuhan NKRI. Dengan demikian, P5 dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, P5 juga dapat membantu siswa untuk memahami konsep hak asasi manusia, proses pembuatan keputusan, proses pengambilan keputusan, serta proses pembuatan undang-undang.

Topik 4: Metode Pembelajaran P5 dalam Kurikulum Merdeka
Metode pembelajaran P5 dalam Kurikulum Merdeka terdiri dari berbagai macam metode, yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode role-play, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode simulasi, dan metode eksperimen. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan materi P5 kepada siswa. Metode diskusi digunakan untuk membantu siswa untuk memahami materi P5 lebih dalam. Metode role-play digunakan untuk membantu siswa memahami proses pembuatan keputusan dan proses pengambilan keputusan. Metode tanya jawab digunakan untuk membantu siswa menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi P5. Metode demonstrasi digunakan untuk membantu siswa memahami konsep hak asasi manusia. Metode simulasi digunakan untuk membantu siswa memahami proses pembuatan undang-undang. Sedangkan metode eksperimen digunakan untuk membantu siswa memahami konsep hak asasi manusia.

Topik 5: Strategi Pembelajaran P5 dalam Kurikulum Merdeka
Strategi pembelajaran P5 dalam Kurikulum Merdeka meliputi beberapa hal, yaitu menyediakan materi yang relevan, menggunakan berbagai metode pembelajaran, menggunakan berbagai media pembelajaran, menggunakan berbagai teknik pembelajaran, menggunakan berbagai strategi evaluasi, dan menggunakan berbagai strategi pengelolaan kelas. Dengan menggunakan berbagai strategi tersebut, diharapkan dapat membantu siswa memahami materi P5 dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Topik 6: Sumber Belajar P5 dalam Kurikulum Merdeka
Sumber belajar P5 dalam Kurikulum Merdeka meliputi buku teks, buku panduan, modul pembelajaran, sumber online, dan sumber lainnya. Buku teks digunakan untuk menyampaikan materi P5 kepada siswa. Buku panduan digunakan untuk membantu siswa memahami materi P5 lebih dalam. Modul pembelajaran digunakan untuk membantu siswa memahami proses pembuatan keputusan dan proses pengambilan keputusan. Sumber online digunakan untuk membantu siswa menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi P5. Sedangkan sumber lainnya dapat berupa video, audio, dan gambar yang berkaitan dengan materi P5.

Topik 7: Penilaian P5 dalam Kurikulum Merdeka
Penilaian P5 dalam Kurikulum Merdeka meliputi berbagai macam aspek, yaitu penilaian kognitif, penilaian afektif, dan penilaian psikomotor. Penilaian kognitif meliputi penilaian berbasis konsep, penilaian berbasis masalah, dan penilaian berbasis proses. Penilaian afektif meliputi penilaian berbasis sikap, penilaian berbasis kepercayaan, dan penilaian berbasis komitmen. Sedangkan penilaian psikomotor meliputi penilaian berbasis keterampilan, penilaian berbasis kemampuan, dan penilaian berbasis keterampilan berpikir kritis.

FAQ:
Q1: Berapa jam P5 dalam Kurikulum Merdeka?
A1: Alokasi waktu yang disediakan untuk pelaksanaan P5 adalah sebanyak 360 jam pelajaran pertahun untuk jenjang SMP dan 250 jam pelajaran untuk jenjang SD. Sehingga alokasi waktu tersebut apabila dibagi dengan dua semester menjadi 180 jam pelajaran.

Q2: Apa tujuan P5 dalam Kurikulum Merdeka?
A2: Tujuan dari P5 adalah untuk meningkatkan kesadaran warga negara tentang hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara. Selain itu, P5 juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *