Bagaimana jika tidak ada materai 10000?

Posted on

Meterai adalah salah satu alat pembayaran yang digunakan untuk membayar pajak. Pada awal 2021, Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77/PMK.03/2021 tentang Pembayaran Pajak dengan Meterai. PMK ini menyatakan bahwa untuk membayar pajak, #KawanPajak harus menggunakan meterai dengan nilai nominal 10.000.

Meterai ini sudah tersedia untuk #KawanPajak gunakan, tetapi jika #KawanPajak belum mendapatkan meterai nominal 10.000, #KawanPajak masih bisa menggunakan meterai nominal 3.000 dan 6.000 dengan nilai paling sedikit 9.000 sampai dengan 31 Desember 2021.

Meskipun tidak ada meterai nominal 10.000, #KawanPajak masih bisa menggunakan meterai dengan nilai nominal 3.000 dan 6.000. Jika #KawanPajak membayar pajak dengan meterai nominal 3.000, #KawanPajak harus menggunakan 3 lembar meterai. Jika #KawanPajak membayar pajak dengan meterai nominal 6.000, #KawanPajak harus menggunakan 2 lembar meterai.

Selain itu, #KawanPajak juga bisa membayar pajak dengan menggunakan e-payment. E-payment adalah metode pembayaran yang dilakukan secara online melalui aplikasi atau website. Dengan e-payment, #KawanPajak bisa membayar pajak dengan mudah dan cepat.

Namun, #KawanPajak harus ingat bahwa jika membayar pajak dengan e-payment, #KawanPajak harus membayar biaya administrasi yang dikenakan oleh penyedia layanan e-payment. Biaya administrasi ini biasanya berupa biaya transfer antar bank atau biaya tambahan lainnya.

Jadi, meskipun tidak ada meterai nominal 10.000, #KawanPajak masih bisa membayar pajak dengan menggunakan meterai nominal 3.000 dan 6.000 sampai dengan 31 Desember 2021. #KawanPajak juga bisa membayar pajak dengan menggunakan e-payment, namun harus membayar biaya administrasi yang dikenakan oleh penyedia layanan e-payment.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *