Bagaimana Jika daya pembeda negatif?

Posted on

Ketika menilai hasil belajar siswa, daya pembeda negatif adalah salah satu indikator yang penting. Daya pembeda negatif adalah perbedaan antara hasil tes yang diperoleh oleh kelompok bawah dan kelompok atas. Jika daya pembeda negatif (<0) berarti lebih banyak kelompok bawah (peserta didik yang tidak memahami materi) menjawab benar dibanding dengan kelompok atas (peserta didik yang memahami materi yang diajarkan pendidik). Ketika daya pembeda negatif (<0), hal ini menunjukkan bahwa ada masalah dalam pembelajaran. Ini berarti bahwa pendidik harus mengambil tindakan untuk memastikan bahwa semua siswa memahami materi yang diajarkan. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan metode pembelajaran yang berbeda, mengajukan pertanyaan yang lebih kompleks, dan memberikan bimbingan tambahan kepada siswa yang membutuhkan. Selain itu, pendidik juga harus mengidentifikasi faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasil tes. Misalnya, jika siswa merasa tidak nyaman dengan tes, mereka mungkin tidak dapat menunjukkan pengetahuan mereka dengan benar. Oleh karena itu, pendidik harus menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi siswa untuk meningkatkan hasil tes. Pendidik juga harus menyediakan berbagai sumber belajar yang berbeda untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Ini termasuk menggunakan media audio visual, bahan bacaan, dan bahan lainnya. Pendidik juga harus memastikan bahwa materi yang diajarkan adalah up to date dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Ketika daya pembeda negatif (<0), hal ini juga menunjukkan bahwa pendidik harus mengambil tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pendidik harus mengidentifikasi masalah yang mendasari hasil tes dan mengambil tindakan untuk mengatasinya. Pendidik juga harus memastikan bahwa semua siswa memahami materi yang diajarkan dan dapat menunjukkan pengetahuan mereka dengan benar. Dengan demikian, ketika daya pembeda negatif (<0), pendidik harus mengambil tindakan untuk memastikan bahwa semua siswa memahami materi yang diajarkan dan dapat menunjukkan pengetahuan mereka dengan benar. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran, menyediakan sumber belajar yang berbeda, dan memastikan bahwa materi yang diajarkan adalah up to date dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dengan demikian, pendidik dapat memastikan bahwa semua siswa memahami materi yang diajarkan dan dapat menunjukkan pengetahuan mereka dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *