Bagaimana Cara Minta Izin Sakit Lewat WA yang Tepat dan Efektif?

Posted on

Kalbariana.web.id – Meminta izin sakit bisa menjadi hal yang cukup merepotkan, apalagi jika harus melakukannya melalui pesan teks atau panggilan telepon. Namun, dengan semakin populernya aplikasi chatting seperti WhatsApp (WA), meminta izin sakit bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efektif. Berikut ini cara yang tepat untuk meminta izin sakit melalui WA:

Saat Anda sakit dan tidak bisa masuk kerja, Anda harus meminta izin dari atasan Anda. Namun, terkadang Anda tidak bisa langsung datang ke kantor untuk meminta izin. Oleh karena itu, cara yang paling mudah untuk meminta izin sakit adalah melalui WhatsApp. Di dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah cara meminta izin sakit lewat WhatsApp yang benar.

Langkah 1: Beri Tahu Atasan

Langkah 1: Beri Tahu Atasan

Jangan tunggu sampai jam kerja dimulai untuk memberitahu atasan Anda bahwa Anda sakit. Sebaiknya Anda memberitahukannya secepat mungkin agar atasan Anda bisa mengatur pekerjaan Anda dan mencari pengganti jika diperlukan. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang jelas tentang kondisi kesehatan Anda.

Langkah 2: Gunakan Bahasa yang Formal

Langkah 2: Gunakan Bahasa yang Formal

Ketika meminta izin sakit lewat WhatsApp, pastikan Anda menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Jangan gunakan bahasa yang terlalu santai seperti ketika Anda mengobrol dengan teman Anda. Tunjukkan bahwa Anda masih menghormati atasan Anda meskipun sedang berada di rumah sakit atau sedang sakit di rumah.

Baja Juga:  5 Alasan Kenapa Permintaan Surat Dokter Anda Ditolak

Langkah 3: Jelaskan Alasan Anda

Langkah 3: Jelaskan Alasan Anda

Jelaskan alasan mengapa Anda sakit dan mengapa Anda tidak dapat masuk kerja. Berikan informasi yang jelas dan detail agar atasan Anda dapat memahami kondisi Anda. Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang berapa lama Anda akan sakit dan kapan Anda akan kembali bekerja.

Langkah 4: Permintaan Maaf

Permintaan maaf adalah hal yang penting ketika meminta izin sakit lewat WhatsApp. Ini menunjukkan bahwa Anda memahami bahwa kehadiran Anda sangat penting bagi tim Anda dan bahwa Anda menyesal tidak dapat hadir saat itu. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas pengertian dan dukungan atasan Anda.

Contoh Pesan WhatsApp untuk Minta Izin Sakit

Berikut adalah contoh pesan WhatsApp yang bisa Anda gunakan ketika meminta izin sakit:

Pesan
Permisi Pak/Bu, saya ingin meminta izin sakit hari ini. Saya sedang sakit dan tidak bisa masuk kerja. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Saya akan berusaha untuk kembali bekerja secepat mungkin. Terima kasih atas pengertiannya.

Kesimpulan

Minta izin sakit lewat WhatsApp adalah cara yang paling mudah dan cepat. Namun, pastikan Anda memberitahu atasan Anda secepat mungkin dan gunakan bahasa yang formal dan sopan. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang jelas tentang kondisi Anda dan memberikan permintaan maaf serta ucapan terima kasih atas pengertian dan dukungan atasan Anda.

Cara Minta Izin Sakit Lewat WA

  • Buanglah rasa malu untuk meminta izin sakit pada atasan atau pimpinanmu, sebab kesehatanmu lebih penting.

  • Buat pesan singkat yang jelas dan padat tentang alasan kamu sakit dan berapa lama diperkirakan absen dari pekerjaan. Sertakan juga apabila kamu masih bisa bekerja dari rumah.

    Baja Juga:  Surat Izin Sakit: Kewenangan Karyawan dan Pihak Perusahaan dalam Pengajuan Surat Izin Sakit
  • Kirim pesanmu pada waktu yang tepat, usahakan sebelum waktu kerja dimulai atau secepat mungkin setelah kamu sadar tidak bisa bekerja.

  • Periksa kembali pesanmu sebelum dikirim untuk memastikan tidak terdapat kesalahan penulisan atau penggunaan kata yang tidak sopan.

  • Jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih atas pengertiannya atas kondisimu.

  • FAQs: Bagaimana Cara Minta Izin Sakit Lewat WA

    1. Apa saja yang perlu disiapkan sebelum meminta izin sakit lewat WA?

    Sebelum meminta izin sakit lewat WA, pastikan kamu memiliki nomor telepon dan akses ke aplikasi WhatsApp di ponselmu.

    2. Bagaimana cara meminta izin sakit lewat WA?

    Untuk meminta izin sakit lewat WA, kamu bisa mengirimkan pesan secara pribadi ke atasan atau HRD perusahaanmu. Jangan lupa sampaikan alasan sakitmu dan perkiraan lama absen yang dibutuhkan.

    3. Apakah perlu memberikan surat keterangan dokter?

    Tergantung kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan mensyaratkan surat keterangan dokter untuk absen lebih dari 1 hari. Pastikan kamu mengetahui kebijakan perusahaan terlebih dahulu.

    4. Apakah bisa meminta izin sakit lewat WA di hari libur?

    Ya, kamu bisa meminta izin sakit lewat WA di hari libur. Namun, pastikan kamu memberitahu atasan atau HRD secepatnya agar mereka bisa mengambil tindakan yang diperlukan.

    5. Apakah WA bisa menjadi bukti sah untuk izin sakit?

    WA bisa dijadikan bukti informasi, namun untuk keperluan administrasi, pastikan kamu mendapatkan surat keterangan dokter atau dokumen resmi lainnya.

    Jangan lupa, selalu berkomunikasi dengan jujur dan sopan saat meminta izin sakit lewat WA. Semoga lekas sembuh!

    Cara Mudah Membuat Surat Persetujuan Elektronik atau Form Approval dari Google Form | Video

    Baja Juga:  Gimana Cara Minta Izin Sakit Lewat WA yang Efektif
    Gravatar Image
    Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!
    0 0 votes
    Article Rating
    Subscribe
    Notify of
    guest
    0 Comments
    Inline Feedbacks
    View all comments