Bagaimana cara mengetahui suatu surat bersifat surat biasa?

Posted on

Surat biasa adalah jenis surat yang dikirimkan untuk tujuan umum, seperti mengirimkan informasi, mengajukan permintaan, mengirimkan ucapan terima kasih, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mengetahui suatu surat bersifat surat biasa, ada beberapa ciri-ciri yang dapat Anda perhatikan. Berikut adalah jawaban Anda mengenai bagaimana cara mengetahui suatu surat bersifat surat biasa.

Adapun ciri-ciri surat biasa adalah sebagai berikut. Pertama, menggunakan kop atau kepala surat jika yang mengeluarkannya adalah lembaga atau organisasi. Adapun nama lembaga atau organisasi harus ditulis secara lengkap. Kedua, menggunakan salam pembuka yang sopan, seperti “Yth.” atau “Kepada Yth.”. Ketiga, menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menggunakan kata-kata kasar. Keempat, menggunakan kalimat yang jelas dan tidak bertele-tele. Kelima, menggunakan tanda tangan jika surat tersebut ditandatangani oleh pengirim.

Selain itu, Anda juga dapat membedakan surat biasa dengan surat resmi dengan melihat isi surat. Surat biasa biasanya berisi informasi umum, seperti ucapan terima kasih, permintaan informasi, dan lain sebagainya. Sedangkan surat resmi biasanya berisi informasi yang lebih detail, seperti informasi tentang sebuah perjanjian, informasi tentang suatu kegiatan, dan lain sebagainya.

Surat biasa juga dapat dikenali dari formatnya. Surat biasa biasanya ditulis dengan format yang sederhana, seperti font Times New Roman atau Arial dengan ukuran font 12. Surat resmi biasanya ditulis dengan format yang lebih kompleks, seperti font Garamond atau Calibri dengan ukuran font 14.

Untuk memastikan bahwa suatu surat bersifat surat biasa, Anda dapat memeriksa kop surat, salam pembuka, bahasa yang digunakan, isi surat, dan format surat. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah suatu surat bersifat surat biasa atau surat resmi.

Itulah jawaban Anda mengenai bagaimana cara mengetahui suatu surat bersifat surat biasa. Dengan mengetahui ciri-ciri dari surat biasa, Anda dapat dengan mudah membedakan antara surat biasa dan surat resmi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 22 Sep 2020.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments