Apakah membuat surat kesehatan di puskesmas bayar?

Posted on

Surat keterangan sehat adalah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah rumah sakit atau puskesmas yang menyatakan bahwa seseorang memiliki kondisi kesehatan yang baik. Surat keterangan sehat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti untuk pendaftaran sekolah, pendaftaran kerja, dan lain sebagainya.

Apakah membuat surat kesehatan di puskesmas bayar? Jawabannya adalah iya. Pembuatan surat keterangan sehat di puskesmas dikenakan biaya administrasi, sekitar Rp10-50 ribu bergantung tempat kamu mengurusnya. Biaya administrasi ini biasanya akan dibayarkan kepada petugas puskesmas yang menangani pembuatan surat keterangan sehat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat surat keterangan sehat di puskesmas. Pertama, pastikan bahwa kamu membawa semua dokumen yang diperlukan seperti kartu identitas, kartu BPJS, dan lain sebagainya. Kedua, pastikan bahwa kamu membawa uang tunai untuk membayar biaya administrasi. Ketiga, pastikan bahwa kamu mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh puskesmas.

Untuk membuat surat keterangan sehat di puskesmas, kamu harus mengisi formulir yang tersedia. Setelah itu, kamu harus menunggu hingga petugas puskesmas memeriksa kondisi kesehatanmu. Jika kamu dinyatakan sehat, maka petugas akan mengeluarkan surat keterangan sehat.

Kamu juga bisa membuat surat keterangan sehat di rumah sakit. Biaya administrasi yang dikenakan di rumah sakit biasanya lebih mahal daripada di puskesmas. Jadi, pastikan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk membayar biaya administrasi di rumah sakit.

Membuat surat keterangan sehat di puskesmas atau rumah sakit bisa menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan administrasi. Namun, pastikan bahwa kamu memiliki semua dokumen yang diperlukan dan membayar biaya administrasi sebelum membuat surat keterangan sehat. 26 Jul 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *