Apakah 1 juta kena PPN?

Posted on

.

Paragraf Pembukaan
Belanja barang yang nilai atau harganya di bawah Rp10.000.000 hanya dikenakan PPN saja. Sedangkan belanja barang yang nilai atau harganya di atas Rp10.000.000 akan dikenakan PPN dan PPh Pasal 22. 28 Mar 2023 sebagai referensi. Pertanyaan yang sering diajukan oleh para pembeli adalah Apakah 1 juta kena PPN?. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci mengenai hal tersebut.

Topik 1: Apa itu PPN?
PPN adalah singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai. PPN adalah pajak yang dikenakan pada setiap transaksi jual beli barang dan jasa yang dilakukan oleh wajib pajak. PPN dikenakan pada harga jual barang atau jasa yang dibeli. PPN akan dibayarkan oleh pembeli kepada pemerintah.

Topik 2: Apa itu PPh Pasal 22?
PPh Pasal 22 adalah singkatan dari Pajak Penghasilan Pasal 22. PPh Pasal 22 adalah pajak yang dikenakan pada barang yang diimpor atau barang yang dibeli dari luar negeri. PPh Pasal 22 dikenakan pada harga jual barang atau jasa yang dibeli. PPh Pasal 22 akan dibayarkan oleh pembeli kepada pemerintah.

Topik 3: Apakah 1 juta kena PPN?
Belanja barang yang nilai atau harganya di bawah Rp10.000.000 hanya dikenakan PPN saja. Sedangkan belanja barang yang nilai atau harganya di atas Rp10.000.000 akan dikenakan PPN dan PPh Pasal 22. 28 Mar 2023 sebagai referensi. Jadi, jika nilai atau harga barang yang dibeli kurang dari Rp10.000.000, maka barang tersebut hanya dikenakan PPN saja. Namun, jika nilai atau harga barang yang dibeli lebih dari Rp10.000.000, maka barang tersebut akan dikenakan PPN dan PPh Pasal 22.

Topik 4: Bagaimana cara menghitung PPN?
Untuk menghitung PPN, Anda harus mengetahui harga jual barang atau jasa yang dibeli. Setelah itu, Anda harus menghitung jumlah PPN yang harus dibayarkan dengan menggunakan rumus PPN = (harga jual barang atau jasa) x (tarif PPN). Tarif PPN yang berlaku saat ini adalah 10%.

Topik 5: Bagaimana cara menghitung PPh Pasal 22?
Untuk menghitung PPh Pasal 22, Anda harus mengetahui harga jual barang atau jasa yang dibeli. Setelah itu, Anda harus menghitung jumlah PPh Pasal 22 yang harus dibayarkan dengan menggunakan rumus PPh Pasal 22 = (harga jual barang atau jasa) x (tarif PPh Pasal 22). Tarif PPh Pasal 22 yang berlaku saat ini adalah 0,1%.

Topik 6: Apakah PPN dan PPh Pasal 22 harus dibayarkan bersamaan?
Pembayaran PPN dan PPh Pasal 22 harus dilakukan secara terpisah. PPN harus dibayarkan terlebih dahulu, sedangkan PPh Pasal 22 harus dibayarkan setelah PPN.

Topik 7: Apakah ada jenis barang yang tidak dikenakan PPN dan PPh Pasal 22?
Ada beberapa jenis barang yang tidak dikenakan PPN dan PPh Pasal 22, yaitu barang yang diperdagangkan di bawah harga pasar, barang yang dijual kepada pemerintah, barang yang dijual kepada lembaga internasional, dan barang yang dijual kepada warga negara asing.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *