Apa yang dimaksud dengan programa?

Posted on

Apa yang dimaksud dengan Programa?

Programa adalah sebuah program yang disusun secara sistematis oleh pemerintah, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota untuk melaksanakan penyuluhan pertanian. Programa ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pertanian di Indonesia. Programa ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pertanian dan pentingnya menjaga lingkungan.

Programa ini ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia nomor 47/Permentan/SM.010/9/2016 tentang Pedoman Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian. Peraturan ini menetapkan bahwa programa harus disusun secara sistematis dan mencakup beberapa aspek, seperti: tujuan penyuluhan, strategi penyuluhan, kegiatan penyuluhan, dan lokasi penyuluhan.

Programa juga harus mencakup tujuan yang jelas dan spesifik, seperti meningkatkan produktivitas dan kualitas pertanian, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pertanian dan pentingnya menjaga lingkungan, dan meningkatkan keterampilan petani. Programa juga harus mencakup strategi penyuluhan yang efektif, seperti penyuluhan melalui media massa, penyuluhan melalui media elektronik, dan penyuluhan melalui pendekatan kelompok.

Kegiatan penyuluhan yang termasuk dalam programa ini juga harus disesuaikan dengan tujuan yang telah ditetapkan. Kegiatan penyuluhan ini dapat berupa pelatihan, seminar, diskusi, dan lain-lain. Selain itu, lokasi penyuluhan juga harus disesuaikan dengan tujuan dan strategi penyuluhan yang telah ditetapkan.

Programa ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pertanian di Indonesia. Dengan programa ini, petani dapat meningkatkan keterampilan mereka dan meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya pertanian dan pentingnya menjaga lingkungan. Programa ini juga dapat membantu petani untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pertanian mereka.

Programa ini berlaku mulai tanggal 27 November 2021. Oleh karena itu, pemerintah, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota harus segera mempersiapkan programa penyuluhan pertanian yang sesuai dengan tujuan dan strategi penyuluhan yang telah ditetapkan. Dengan begitu, petani di Indonesia dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas pertanian mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *