.
Menulis surat merupakan salah satu cara untuk menyampaikan pesan atau informasi. Namun, untuk menulis surat yang baik, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Menurut Ramelan (2005), syarat surat yang baik adalah sebagai berikut:
Judul: Apa Syarat dalam Menulis Surat?
1. Bentuk Surat. Bentuk surat harus sesuai dengan isi. Format yang tepat harus dipilih untuk menyampaikan pesan dengan jelas.
2. Bahasa. Bahasa yang digunakan tidak boleh kasar atau tidak menyinggung perasaan dan tetap menjaga sopan santun. Kalimat dalam surat harus memenuhi kaidah-kaidah tata bahasa Indonesia yang benar.
3. Penulisan. Penulisan harus jelas dan mudah dipahami. Penggunaan kata-kata yang tepat dan ejaan yang benar juga penting.
4. Penutup. Penutup harus sopan dan menyampaikan pesan dengan jelas. Penutup juga harus mencakup salam penutup, nama dan tanda tangan pengirim.
5. Penandaan. Surat harus ditandai dengan benar, seperti nama pengirim, alamat pengirim, nama penerima, alamat penerima, tanggal pengiriman, dan nomor surat.
6. Referensi. Referensi harus dicantumkan jika surat mengutip informasi dari sumber lain.
7. Penandatanganan. Surat harus ditandatangani oleh pengirim.
FAQ
Q1. Apa yang dimaksud dengan bentuk surat?
A1. Bentuk surat adalah format yang dipilih untuk menyampaikan pesan dengan jelas. Format yang tepat harus dipilih sesuai dengan isi surat.
Q2. Apa yang dimaksud dengan bahasa dalam surat?
A2. Bahasa yang digunakan dalam surat harus sopan dan tidak menyinggung perasaan. Kalimat dalam surat harus memenuhi kaidah-kaidah tata bahasa Indonesia yang benar.
Q3. Apa yang dimaksud dengan penulisan dalam surat?
A3. Penulisan dalam surat harus jelas dan mudah dipahami. Penggunaan kata-kata yang tepat dan ejaan yang benar juga penting.
Q4. Apa yang dimaksud dengan penutup dalam surat?
A4. Penutup dalam surat harus sopan dan menyampaikan pesan dengan jelas. Penutup juga harus mencakup salam penutup, nama dan tanda tangan pengirim.
Q5. Apa yang dimaksud dengan penandaan dalam surat?
A5. Penandaan dalam surat harus ditandai dengan benar, seperti nama pengirim, alamat pengirim, nama penerima, alamat penerima, tanggal pengiriman, dan nomor surat.
Q6. Apa yang dimaksud dengan referensi dalam surat?
A6. Referensi dalam surat harus dicantumkan jika surat mengutip informasi dari sumber lain.
Q7. Apa yang dimaksud dengan penandatanganan dalam surat?
A7. Penandatanganan dalam surat harus ditandatangani oleh pengirim.