Apa perbedaan lembar disposisi dan lembar konsep surat?

Posted on

Apa Perbedaan Lembar Disposisi dan Lembar Konsep Surat?

14 Januari 2019, di era digital saat ini, kegiatan kantor sudah banyak menggunakan teknologi untuk mempermudah pekerjaan. Namun, ada beberapa hal yang masih menggunakan lembar kertas untuk memudahkan proses kerja. Salah satunya adalah lembar disposisi dan lembar konsep surat.

Lembar disposisi merupakan lembar isian untuk mencatat instruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari surat yang diterima dari pihak lain. Lembar disposisi ini biasanya berisi informasi tentang tanggal surat diterima, nomor surat, tanggal surat dibuat, nama pengirim, perihal, dan instruksi tindak lanjut.

Sedangkan lembar konsep surat merupakan draft sebelum pengetikan menggunakan komputer agar tidak terjadi banyak kesalahan. Lembar konsep surat ini biasanya berisi informasi tentang tanggal surat dibuat, nama pengirim, alamat pengirim, nama penerima, alamat penerima, perihal, dan isi surat.

Kedua lembar tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Lembar disposisi digunakan untuk mencatat instruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari surat yang diterima dari pihak lain. Sedangkan lembar konsep surat digunakan untuk membuat draft sebelum pengetikan menggunakan komputer.

Berikut adalah beberapa tips untuk membedakan lembar disposisi dan lembar konsep surat:

1. Lembar disposisi berisi informasi tentang tanggal surat diterima, nomor surat, tanggal surat dibuat, nama pengirim, perihal, dan instruksi tindak lanjut. Sedangkan lembar konsep surat berisi informasi tentang tanggal surat dibuat, nama pengirim, alamat pengirim, nama penerima, alamat penerima, perihal, dan isi surat.

2. Lembar disposisi digunakan untuk mencatat instruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari surat yang diterima dari pihak lain. Sedangkan lembar konsep surat digunakan untuk membuat draft sebelum pengetikan menggunakan komputer.

3. Lembar disposisi biasanya berbentuk kertas A4, sedangkan lembar konsep surat biasanya berbentuk kertas folio.

4. Lembar disposisi biasanya dibuat oleh pimpinan, sedangkan lembar konsep surat biasanya dibuat oleh staf.

Demikianlah penjelasan singkat tentang perbedaan lembar disposisi dan lembar konsep surat. Dengan mengetahui perbedaan kedua lembar tersebut, diharapkan dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan kantor dengan lebih cepat dan efisien.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *