Apa Perbedaan CV dan lamaran kerja?

Posted on

Apa Perbedaan CV dan Lamaran Kerja?

CV dan surat lamaran kerja adalah dua hal yang berbeda yang harus Anda siapkan ketika melamar pekerjaan. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu Anda mendapatkan pekerjaan, ada beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui. 19 Jan 2023.

Perbedaan utama antara CV dan surat lamaran kerja adalah isinya. Surat lamaran kerja adalah surat yang menyatakan minat Anda pada posisi yang tersedia di sebuah perusahaan. Surat ini berisi tentang alasan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut dan bagaimana Anda dapat membantu perusahaan tersebut.

CV, di sisi lain, adalah dokumen yang berisi informasi tentang diri Anda dan pengalaman kerja Anda. Ini berisi tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan keterampilan yang Anda miliki. CV ini juga berisi informasi tentang organisasi yang Anda ikuti, prestasi yang Anda raih, dan lainnya.

Kedua dokumen ini memiliki tujuan yang berbeda. Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi penawaran dan ketertarikan Anda pada posisi yang tersedia di sebuah perusahaan. CV, di sisi lain, adalah dokumen yang berisi informasi tentang diri Anda dan pengalaman kerja Anda. Ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang Anda kepada perusahaan yang Anda lamar.

Kedua dokumen ini juga memiliki format yang berbeda. Surat lamaran kerja biasanya berisi salam pembuka, tujuan surat, pengenalan diri, alasan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut, dan penutup. CV, di sisi lain, berisi informasi tentang diri Anda, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan keterampilan yang Anda miliki.

Jadi, perbedaan utama antara CV dan surat lamaran kerja adalah isinya. Surat lamaran kerja berisi penawaran dan ketertarikan Anda pada posisi yang tersedia di sebuah perusahaan, sedangkan CV adalah informasi tentang diri dan pengalaman kerja Anda. 19 Jan 2023.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *