Apa itu Qd dan Qs dalam ekonomi?

Apa Itu QD dan QS dalam Ekonomi?

QD dan QS adalah singkatan dari kuantitas permintaan dan kuantitas penawaran dalam ekonomi. Ini adalah dua konsep penting yang membantu menjelaskan bagaimana pasar bekerja dan bagaimana harga dan jumlah barang yang diperdagangkan ditentukan.

QD adalah jumlah barang yang diinginkan oleh konsumen. Ini adalah jumlah barang yang konsumen siap untuk membeli pada harga tertentu. QS adalah jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen. Ini adalah jumlah barang yang produsen siap untuk menjual pada harga tertentu.

QD > QS berarti, terjadi excess demand. Ini berarti bahwa jumlah barang yang diinginkan oleh konsumen lebih besar daripada jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen. Konsumen dengan kerelaannya naik ke kondisi harga keseimbangan.

QD < QS berarti, terjadi excess supply. Ini berarti bahwa jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen lebih besar daripada jumlah barang yang diinginkan oleh konsumen. Produsen dengan kerelaannya turun ke kondisi harga keseimbangan. QD dan QS adalah konsep penting dalam ekonomi. Mereka membantu menjelaskan bagaimana pasar bekerja dan bagaimana harga dan jumlah barang yang diperdagangkan ditentukan. Ini juga membantu kita memahami bagaimana kondisi ekonomi berubah dan bagaimana kondisi ekonomi dapat diperbaiki. QD dan QS adalah konsep yang sangat penting untuk dipahami oleh semua orang yang tertarik dalam ekonomi. Mereka dapat membantu kita memahami bagaimana pasar bekerja dan bagaimana harga dan jumlah barang yang diperdagangkan ditentukan. Dengan memahami konsep ini, kita dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan membuat keputusan yang lebih tepat dalam pengelolaan ekonomi. Ditulis oleh: 19 Okt 2020.