Apa apa saja administrasi guru?

Posted on

Administrasi Guru adalah sebuah kegiatan yang penting bagi guru untuk mengelola tugas-tugas dan kegiatan sehari-hari di sekolah. Administrasi guru juga merupakan bagian dari proses pembelajaran yang membantu guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Administrasi guru dapat dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah:

1. Kalender Pendidikan. Kalender pendidikan adalah dokumen yang mencakup jadwal kegiatan sekolah, jadwal pelajaran, jadwal libur, dan lain-lain. Kalender pendidikan dapat membantu guru untuk mengelola waktu dan mengatur jadwal kegiatan sekolah.

2. Program Semester (PROMES). Program semester adalah program yang mencakup tujuan, materi, dan kegiatan yang akan dilakukan selama satu semester. Program semester dapat membantu guru untuk mengelola materi pelajaran dan mengatur jadwal pelajaran selama satu semester.

3. Program Tahunan (PROTA). Program tahunan adalah program yang mencakup tujuan, materi, dan kegiatan yang akan dilakukan selama satu tahun. Program tahunan dapat membantu guru untuk mengelola materi pelajaran dan mengatur jadwal pelajaran selama satu tahun.

4. Silabus. Silabus adalah dokumen yang mencakup tujuan, materi, dan kegiatan yang akan dilakukan selama satu semester. Silabus dapat membantu guru untuk mengelola materi pelajaran dan mengatur jadwal pelajaran selama satu semester.

5. Analisis SK/KD (Kompetensi Dasar). Analisis SK/KD adalah proses yang digunakan untuk menganalisis kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa. Analisis SK/KD dapat membantu guru untuk menentukan materi pelajaran yang harus diajarkan dan mengatur jadwal pelajaran.

6. Prosedur Penilaian. Prosedur penilaian adalah proses yang digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa. Prosedur penilaian dapat membantu guru untuk menentukan metode penilaian yang tepat dan mengatur jadwal penilaian.

7. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah dokumen yang mencakup tujuan, materi, dan kegiatan yang akan dilakukan selama satu semester. RPP dapat membantu guru untuk mengelola materi pelajaran dan mengatur jadwal pelajaran selama satu semester.

8. KKM. KKM adalah standar kompetensi minimal yang harus dicapai oleh siswa. KKM dapat membantu guru untuk menentukan materi pelajaran yang harus diajarkan dan mengatur jadwal pelajaran.

Selain jenis-jenis administrasi guru di atas, ada beberapa item lain yang perlu diperhatikan oleh guru dalam mengelola administrasi sekolah, seperti perencanaan kegiatan, pengelolaan data siswa, dan lain-lain. Dengan mengelola administrasi guru dengan baik, guru dapat memastikan bahwa semua kegiatan di sekolah berjalan dengan lancar dan hasil belajar siswa meningkat.

Untuk memastikan bahwa administrasi guru berjalan dengan baik, guru harus membuat rencana dan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. Jadwal yang ditetapkan harus disesuaikan dengan jadwal kegiatan sekolah dan jadwal pelajaran. Guru juga harus membuat catatan administrasi yang jelas dan akurat.

Administrasi guru adalah sebuah kegiatan yang penting bagi guru untuk mengelola tugas-tugas dan kegiatan sehari-hari di sekolah. Dengan mengelola administrasi guru dengan baik, guru dapat memastikan bahwa semua kegiatan di sekolah berjalan dengan lancar dan hasil belajar siswa meningkat. Oleh karena itu, guru harus membuat rencana dan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan, serta membuat catatan administrasi yang jelas dan akurat. Dengan melakukan hal tersebut, guru dapat memastikan bahwa administrasi guru berjalan dengan baik dan hasil belajar siswa meningkat.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *