Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi dari Teman: Contoh dan Tips

Posted on

Kalbariana.web.id – Apakah Anda sedang mencari pekerjaan dan mendapat informasi dari teman bahwa ada lowongan kerja yang sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda? Jika ya, maka menulis surat lamaran kerja dengan menggunakan informasi dari teman bisa menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Namun, menulis surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman memiliki keunikan tersendiri yang membutuhkan perhatian lebih. Oleh karena itu, kami akan memberikan contoh serta tips untuk membantu Anda dalam menulis surat lamaran kerja tersebut.

Persiapkan diri Anda

Persiapkan diri AndaSumber: bing

Sebelum menulis surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut. Cari tahu informasi tentang visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan serta produk atau jasa yang ditawarkan.

Anda juga perlu mempersiapkan diri dengan mengevaluasi kembali kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki dan cocok dengan posisi yang dilamar. Hal ini akan membantu Anda mengeksplorasi kekuatan dan kelemahan diri sendiri, sehingga dapat menulis surat lamaran yang sesuai.

Setelah itu, pastikan Anda memahami siapa teman yang memberikan informasi tersebut, berapa lama Anda mengenal teman tersebut, dan hubungan Anda dengan perusahaan tersebut melalui teman Anda.

Tulis surat lamaran dengan menjadikan teman sebagai referensi

Tulis surat lamaran dengan menjadikan teman sebagai referensiSumber: bing

Menulis surat lamaran berdasarkan informasi dari teman bukan berarti surat lamaran tersebut akan menjadi surat rekomendasi atau surat referensi. Namun, Anda dapat menambahkan kalimat yang memperkenalkan hubungan Anda dengan perusahaan tersebut melalui teman Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kalimat yang mencerminkan kesamaan minat atau cita-cita dengan perusahaan tersebut, yang mungkin juga dirasakan oleh teman Anda. Dengan demikian, surat lamaran kerja Anda akan menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang potensial dan memiliki minat yang kuat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Terakhir, jangan lupa untuk menampilkan keahlian dan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar serta menunjukkan keyakinan Anda bahwa Anda akan menjadi asset yang berharga bagi perusahaan tersebut.

Gunakan bahasa yang formal dan jangan terlalu mengandalkan teman

Gunakan bahasa yang formal dan jangan terlalu mengandalkan temanSumber: bing

Menulis surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman tidak berarti Anda dapat mengandalkan teman tersebut untuk membuat surat lamaran kerja untuk Anda. Anda tetap harus dalam mengungkapkan kemampuan menulis dan bahasa yang profesional.

Jangan terlalu mencantumkan detail tentang hubungan Anda dengan teman tersebut atau bergantung pada teman tersebut untuk merekomendasikan Anda. Hal ini dapat membuat surat lamaran kerja Anda terkesan kurang profesional dan terlalu mengandalkan hubungan personal.

Pastikan bahasa yang digunakan formal, jelas, dan memperlihatkan kerendahan hati serta rasa terima kasih atas kesempatan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Jangan lupa untuk mengedit dan proofread surat lamaran Anda

Setelah menyelesaikan menulis surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman, pastikan untuk mengedit dan memeriksanya kembali sebelum mengirimkannya. Periksa apakah ada kesalahan gramatikal, penggunaan kata yang salah, atau kalimat yang rumit dan tidak jelas.

Mintalah pendapat dari orang lain terdekat atau seseorang yang ahli dalam hal penulisan surat lamaran kerja untuk membantu Anda memeriksa dan memberikan saran pada surat lamaran kerja Anda. Dengan demikian, surat lamaran kerja yang Anda kirimkan akan memiliki nilai profesional dan meningkatkan kesempatan untuk berhasil diterima dalam proses seleksi kerja di perusahaan tersebut.

Demikian tips dan contoh cara menulis surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman. Mohon diingat bahwa setiap perusahaan memiliki standar dan cara tersendiri dalam memeriksa surat lamaran kerja, namun dengan mengikuti tips dan contoh yang telah disebutkan di atas, Anda dapat meningkatkan kesempatan untuk diterima dalam proses seleksi kerja di perusahaan yang Anda impikan.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *