4 Apa saja ciri ciri bahasa surat pribadi?

Posted on

Ciri-ciri Bahasa Surat Pribadi

Surat pribadi adalah jenis surat yang biasanya ditulis oleh seseorang untuk orang lain yang dekat dengannya. Surat pribadi biasanya ditulis untuk menyampaikan informasi, pengalaman, atau untuk menyampaikan salam. Meskipun isi surat pribadi bersifat pribadi, namun ada beberapa ciri bahasa yang dapat dikenali. Berikut adalah 4 ciri bahasa surat pribadi yang perlu diperhatikan.

1. Isi Surat Bersifat Pribadi

Isi surat pribadi biasanya berisi informasi yang bersifat pribadi, seperti pengalaman pribadi, informasi pribadi, atau salam pribadi. Isi surat pribadi tidak selalu mencakup informasi umum yang bisa ditemukan di internet atau media lainnya.

2. Tidak Menggunakan Kop Surat

Kop surat biasanya digunakan untuk surat resmi. Namun, surat pribadi tidak menggunakan kop surat. Surat pribadi biasanya tidak memiliki judul atau kop surat.

3. Bahasa yang Digunakan Boleh Tidak Resmi

Surat pribadi biasanya menggunakan bahasa yang tidak resmi. Ragam bahasanya bisa akrab, informal, atau bahkan slang. Bahasa yang digunakan bisa juga menggunakan bahasa lokal atau bahasa yang berbeda dengan bahasa yang biasa digunakan untuk surat resmi.

4. Salam Pembuka dan Penutup Bersifat Non Formal

Salam pembuka dan penutup surat pribadi biasanya bersifat non formal. Contohnya, salam pembuka bisa berupa “Hai” atau “Halo”. Sedangkan salam penutup bisa berupa “Sampai jumpa” atau “Sampai bertemu lagi”.

Penulisan surat pribadi juga lebih bebas dibandingkan dengan surat resmi. Penulisan surat pribadi biasanya lebih sederhana dan tidak menggunakan bahasa yang terlalu rumit. Surat pribadi juga tidak memerlukan format yang ketat seperti surat resmi.

Itulah 4 ciri bahasa surat pribadi yang perlu diperhatikan. Dengan memahami ciri-ciri bahasa surat pribadi ini, Anda dapat lebih mudah dalam menulis surat pribadi. Selamat mencoba!

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *