Berapa tarif bea meterai?

Posted on

Berapa Tarif Bea Meterai?

Bea Meterai adalah biaya yang dikenakan oleh pemerintah untuk setiap lembar dokumen yang dikirimkan melalui pos. Pada tahun 2021, tarif Bea Meterai telah mengalami perubahan. Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 UU No. 10 Tahun 2020, Bea Meterai dikenakan tarif tetap sebesar Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) per lembar berlaku sejak 1 Januari 2021.

Tarif Bea Meterai tersebut berlaku untuk dokumen yang dikirimkan melalui pos baik itu surat, paket, dan kiriman lainnya. Bea Meterai juga berlaku untuk dokumen yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Namun, beberapa jasa ekspedisi mungkin mengenakan biaya tambahan untuk Bea Meterai.

Bea Meterai dikenakan untuk setiap lembar dokumen yang dikirimkan melalui pos. Bea Meterai juga dikenakan untuk setiap kiriman paket, asalkan beratnya tidak melebihi 5 kg. Jika berat kiriman melebihi 5 kg, maka tarif Bea Meterai akan dikenakan berdasarkan berat kiriman tersebut.

Bea Meterai juga dikenakan untuk setiap kiriman surat yang dikirimkan melalui pos. Namun, untuk surat dengan berat kurang dari 50 gram, tarif Bea Meterai yang dikenakan adalah Rp 3.000 (tiga ribu rupiah) per lembar.

Bea Meterai dikenakan untuk setiap kiriman yang dikirimkan melalui pos, baik itu surat, paket, atau kiriman lainnya. Bea Meterai juga dikenakan untuk setiap kiriman yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Tarif Bea Meterai yang dikenakan adalah Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) per lembar berlaku sejak 1 Januari 2021. Jika berat kiriman melebihi 5 kg, maka tarif Bea Meterai akan dikenakan berdasarkan berat kiriman tersebut. Untuk surat dengan berat kurang dari 50 gram, tarif Bea Meterai yang dikenakan adalah Rp 3.000 (tiga ribu rupiah) per lembar.

Dengan tarif Bea Meterai yang baru, para pengirim harus memperhatikan tarif Bea Meterai yang dikenakan untuk setiap kiriman yang dikirimkan melalui pos atau jasa ekspedisi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk Bea Meterai tidak melebihi batas yang telah ditentukan. Dengan demikian, para pengirim dapat menghemat biaya pengiriman dan meningkatkan efisiensi pengiriman dokumen.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *