Apa ciri isi dalam surat pribadi di atas?

Posted on

Surat pribadi adalah jenis surat yang biasanya ditulis untuk tujuan pribadi, seperti menyampaikan salam, mengirimkan doa, menyampaikan ucapan selamat, dan lain sebagainya. Surat pribadi biasanya ditulis oleh seseorang kepada orang lain yang dikenalnya. Meskipun demikian, ada beberapa ciri isi dalam surat pribadi yang harus diperhatikan.

Pertama, ciri isi dalam surat pribadi adalah tidak dilengkapi kop surat. Kop surat biasanya hanya digunakan dalam surat resmi. Oleh karena itu, surat pribadi tidak memerlukan kop surat.

Kedua, ciri isi dalam surat pribadi adalah tidak mempunyai nomor surat. Surat pribadi tidak memerlukan nomor surat karena tujuannya adalah untuk berkomunikasi secara pribadi.

Ketiga, ciri isi dalam surat pribadi adalah salam pembuka dan penutup bersifat non-formal. Dalam surat pribadi, salam pembuka dan penutup yang digunakan biasanya bersifat non-formal. Misalnya, “Hai,” “Salam,” atau “Salam hangat.”

Keempat, ciri isi dalam surat pribadi adalah pada tujuan suratnya menggunakan bahasa baku jika resmi dan bahasa tidak baku jika tidak resmi. Jika surat pribadi bersifat resmi, maka tujuan suratnya harus menggunakan bahasa baku. Namun, jika surat pribadi bersifat tidak resmi, maka tujuan suratnya dapat menggunakan bahasa tidak baku.

Kelima, ciri isi dalam surat pribadi adalah format penulisan suratnya lebih bebas. Dalam surat pribadi, format penulisan yang digunakan biasanya lebih bebas dibandingkan dengan surat resmi. Hal ini dikarenakan tujuan surat pribadi adalah untuk berkomunikasi secara pribadi.

Itulah beberapa ciri isi dalam surat pribadi yang harus diperhatikan. Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, Anda dapat menulis surat pribadi yang baik dan benar. Selamat mencoba!

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *