8 Apa tugas kepala sekolah sebagai manajer?

Posted on

Kepala sekolah adalah salah satu posisi penting dalam sebuah sekolah. Sebagai manajer, kepala sekolah bertanggung jawab untuk mengelola sekolah dengan baik. Fungsi kepala sekolah sebagai manajer di sekolah meliputi berbagai hal mulai dari perencanaan program kerja sekolah, mengelola dan mendayagunakan Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun sarana prasarana yang ada, melaksanakan program yang telah dirancang bersama, mengontrol dan mengevaluasi pelaksanaan program sekolah.

Perencanaan Program Kerja Sekolah

Perencanaan program kerja sekolah adalah salah satu tugas utama kepala sekolah sebagai manajer. Kepala sekolah harus menentukan program-program yang akan dilaksanakan di sekolah dan menentukan bagaimana program-program tersebut akan dilaksanakan. Kepala sekolah harus mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan bahwa program-program yang direncanakan sesuai dengan tujuan sekolah.

Mengelola dan Mendayagunakan Sumber Daya Manusia (SDM)

Kepala sekolah juga bertanggung jawab untuk mengelola dan mendayagunakan Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah. Kepala sekolah harus mengidentifikasi kebutuhan SDM dan mencari cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kepala sekolah juga harus mengawasi kinerja SDM dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk memastikan bahwa SDM dapat mencapai tujuan sekolah.

Melaksanakan Program yang Telah Dirancang Bersama

Setelah program-program sekolah telah direncanakan, kepala sekolah harus melaksanakan program-program tersebut. Kepala sekolah harus memastikan bahwa program-program tersebut dilaksanakan dengan benar dan tepat waktu. Kepala sekolah juga harus memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program-program tersebut dapat bekerja sama dengan baik.

Mengontrol dan Mengevaluasi Pelaksanaan Program Sekolah

Kepala sekolah juga bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengevaluasi pelaksanaan program sekolah. Kepala sekolah harus memastikan bahwa program-program sekolah dilaksanakan dengan benar dan tepat waktu. Kepala sekolah juga harus memastikan bahwa program-program sekolah dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Fungsi kepala sekolah sebagai manajer di sekolah adalah mengelola sekolah mulai dari perencanaan program kerja sekolah, mengelola dan mendayagunakan Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun sarana prasarana yang ada, melaksanakan program yang telah dirancang bersama, mengontrol dan mengevaluasi pelaksanaan program sekolah. Dengan melaksanakan fungsi-fungsi tersebut dengan baik, kepala sekolah dapat memastikan bahwa sekolah dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *