Apa saja tipe tipe anggaran?

Posted on

Anggaran adalah salah satu bagian terpenting dari pengelolaan keuangan. Setiap organisasi, baik itu perusahaan, organisasi nirlaba, atau pemerintah, memerlukan anggaran untuk mengatur alokasi sumber daya dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun, tipe anggaran yang dipilih dapat berbeda tergantung pada tujuan dan kondisi tertentu. Berikut ini sejumlah jenis anggaran yang penting untuk diketahui akan yang dikutip dari beberapa sumber:

1) Line Item Budgeting. Line Item Budgeting adalah jenis anggaran yang paling umum digunakan. Ini adalah jenis anggaran yang menyoroti pengeluaran yang spesifik dan memungkinkan pengelolaan keuangan yang lebih baik. Dengan Line Item Budgeting, anggaran dibagi menjadi beberapa item yang memungkinkan pengelolaan lebih terperinci.

2) Incremental Budgeting. Incremental Budgeting adalah jenis anggaran yang mengacu pada anggaran tahun sebelumnya. Dengan Incremental Budgeting, anggaran tahun ini dibangun berdasarkan anggaran tahun sebelumnya. Dengan demikian, anggaran tahun ini dapat dibandingkan dengan anggaran tahun sebelumnya untuk menentukan apakah ada peningkatan atau penurunan.

3) Planning Programming Budgeting System. Planning Programming Budgeting System (PPBS) adalah jenis anggaran yang digunakan untuk menentukan alokasi sumber daya yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. PPBS memungkinkan pengelolaan keuangan yang lebih baik dengan menggunakan metode yang lebih sistematis.

4) Zero Based Budgeting (ZBB). Zero Based Budgeting (ZBB) adalah jenis anggaran yang mengharuskan pengelolaan keuangan untuk meninjau ulang setiap item anggaran setiap tahun. Dengan ZBB, anggaran harus dibuat dari nol setiap tahun, dan setiap item anggaran harus dipertimbangkan secara kritis.

5) Performance Budgeting. Performance Budgeting adalah jenis anggaran yang menekankan pada pengukuran kinerja. Dengan Performance Budgeting, anggaran harus dibuat berdasarkan hasil yang diharapkan. Dengan demikian, anggaran dapat dibuat dengan lebih efisien dan efektif.

6) Medium Term Budgeting Framework (MTBF). Medium Term Budgeting Framework (MTBF) adalah jenis anggaran yang memungkinkan pengelolaan keuangan yang lebih baik dengan mengatur anggaran untuk jangka waktu yang lebih panjang. Dengan MTBF, anggaran dapat dibuat untuk jangka waktu yang lebih panjang, seperti tiga tahun, yang memungkinkan perencanaan keuangan yang lebih baik.

Dengan demikian, ada berbagai jenis anggaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pemilihan jenis anggaran yang tepat dapat membantu organisasi mencapai tujuan mereka dengan lebih efisien dan efektif. 22 Okt 2022.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *