Apa arti absen dalam KBBI?

Posted on

Apa Arti Absen dalam KBBI?

Kata absen dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:4) bermakna tidak masuk atau tidak hadir. Kata absen memiliki derivasi mengabsen yang bermakna memanggil (menyebutkan, membacakan) nama-nama orang pada daftar nama untuk memeriksa hadir tidaknya seseorang.

Absen merupakan salah satu cara untuk mengetahui siapa saja yang hadir dan siapa saja yang tidak hadir dalam suatu kegiatan. Kata absen telah digunakan dalam bahasa Indonesia sejak tahun 2015.

Absen dapat digunakan untuk mencatat kehadiran seseorang dalam suatu kegiatan. Hal ini dapat dilakukan dengan mencatat nama-nama orang yang hadir dalam suatu daftar. Dengan mencatat nama-nama orang yang hadir, kita dapat mengetahui siapa saja yang hadir dan siapa saja yang tidak hadir dalam suatu kegiatan.

Selain itu, absen juga dapat digunakan untuk mencatat waktu masuk dan waktu keluar seseorang dari suatu tempat. Hal ini dapat dilakukan dengan mencatat waktu masuk dan waktu keluar seseorang dalam suatu daftar. Dengan mencatat waktu masuk dan waktu keluar seseorang, kita dapat mengetahui berapa lama seseorang tinggal di suatu tempat.

Absen juga dapat digunakan untuk mencatat jam kerja seseorang. Hal ini dapat dilakukan dengan mencatat jam kerja seseorang dalam suatu daftar. Dengan mencatat jam kerja seseorang, kita dapat mengetahui berapa jam seseorang bekerja dalam suatu hari.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa arti absen dalam KBBI adalah tidak masuk atau tidak hadir. Absen dapat digunakan untuk mencatat kehadiran seseorang dalam suatu kegiatan, waktu masuk dan waktu keluar seseorang dari suatu tempat, serta jam kerja seseorang. Dengan demikian, absen dapat membantu kita dalam mencatat dan mengetahui siapa saja yang hadir dan siapa saja yang tidak hadir dalam suatu kegiatan, berapa lama seseorang tinggal di suatu tempat, serta berapa jam seseorang bekerja dalam suatu hari.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *