1 SKS itu berapa?

Posted on

1 SKS Itu Berapa?

Kebanyakan orang pasti pernah bertanya-tanda tentang berapa jumlah SKS yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan sebuah program studi. Apa itu SKS? SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. SKS merupakan satuan standar yang digunakan untuk mengukur jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah mata kuliah.

Berdasarkan standar yang berlaku, 1 (satu) SKS pada proses pembelajaran berupa kuliah, responsi, atau tutorial, terdiri atas: a. kegiatan proses belajar 50 (lima puluh) menit per minggu per semester; b. kegiatan penugasan terstruktur 60 (enam puluh) menit per minggu per semester; dan c. kegiatan lainnya seperti tugas mandiri, studi lapangan, dan lain-lain 60 (enam puluh) menit per minggu per semester.

Jadi, jika dikalkulasikan, 1 (satu) SKS sama dengan 170 (seratus tujuh puluh) menit per minggu per semester. Dengan demikian, jika dikonversi ke dalam jam, maka 1 (satu) SKS sama dengan 39,7 (tiga puluh sembilan koma tujuh) jam.

Itulah jawaban dari pertanyaan “1 SKS itu berapa?”. Dengan mengetahui berapa jumlah SKS yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah program studi, kita dapat mengatur waktu belajar kita dengan lebih baik dan efisien. Dengan begitu, kita dapat menyelesaikan program studi kita dengan lebih cepat dan mudah.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *