Bagaimana cara menjadi guru yang disegani?

Posted on

Bagaimana cara menjadi guru yang disegani? Menjadi guru yang disegani dan disayangi oleh anak didik adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap guru. Guru yang disegani dan disayangi oleh anak didik akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan menyebabkan anak didik lebih bersemangat untuk belajar.

Untuk mencapai tujuan tersebut, berikut adalah 3 hal yang dapat membuat guru semakin disegani dan disayangi anak didik:

1. Mengapresiasi karya dan hasil belajar murid

Salah satu cara untuk menjadi guru yang disegani dan disayangi oleh anak didik adalah dengan mengapresiasi karya dan hasil belajar murid. Hal ini akan membuat anak didik merasa dihargai dan dihormati oleh guru. Dengan mengapresiasi karya dan hasil belajar anak didik, guru dapat menunjukkan bahwa ia peduli terhadap anak didik dan menghargai usaha mereka.

2. Terbuka dan menerima koreksi murid

Guru yang terbuka dan menerima koreksi dari anak didik juga akan membuat anak didik merasa dihargai dan dihormati. Dengan menerima koreksi dari anak didik, guru dapat menunjukkan bahwa ia menghargai pendapat dan usaha anak didik. Hal ini juga akan membuat anak didik merasa lebih nyaman untuk berbicara dengan guru dan lebih bersemangat untuk belajar.

3. Menjadi teman belajar

Guru yang menjadi teman belajar anak didik juga akan membuat anak didik merasa dihargai dan dihormati. Dengan menjadi teman belajar anak didik, guru dapat menunjukkan bahwa ia peduli terhadap anak didik dan menghargai usaha mereka. Hal ini juga akan membuat anak didik merasa lebih nyaman untuk berbicara dengan guru dan lebih bersemangat untuk belajar.

Dengan melakukan ketiga hal di atas, guru dapat menjadi guru yang disegani dan disayangi oleh anak didik. Hal ini akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan menyebabkan anak didik lebih bersemangat untuk belajar.

16 Sep 2022.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *