Langkah langkah membuat absensi online?

Posted on

Absensi online telah menjadi alat yang sangat berguna bagi banyak organisasi. Dengan absensi online, organisasi dapat dengan mudah mencatat kehadiran karyawan dan menyimpan data kehadiran untuk referensi di masa depan.

Meskipun begitu, banyak orang masih bingung tentang cara membuat absensi online. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat absensi online yang dapat Anda ikuti:

1. Membuka Situs Google Form Di Browser

Untuk membuat absensi online, Anda harus membuka situs Google Form di browser Anda. Anda dapat mengakses situs ini dengan mengetikkan “Google Form” di kotak pencarian.

2. Membuat Formulir Baru

Setelah Anda membuka situs Google Form, Anda harus membuat formulir baru. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Buat Formulir Baru” di bagian atas halaman.

3. Berikan Deskripsi Judul Di Formulir

Selanjutnya, Anda harus memberikan deskripsi judul di formulir. Deskripsi judul akan menjelaskan apa yang akan dilakukan oleh orang yang mengisi formulir.

4. Tambahkan Kolom-Kolom Untuk Data Yang Diperlukan

Setelah Anda memberikan deskripsi judul, Anda harus menambahkan kolom-kolom untuk data yang diperlukan. Anda dapat menambahkan kolom-kolom ini dengan mengklik tombol “Tambahkan Kolom” di bagian bawah halaman.

5. Bagikan Absensi Online

Setelah Anda selesai membuat formulir, Anda harus membagikan absensi online. Anda dapat membagikan absensi online dengan mengirimkan tautan ke orang-orang yang ingin mengisi formulir.

6. Mendaftarkan Akun Zoho Forms

Jika Anda ingin menggunakan layanan Zoho Forms untuk membuat absensi online, Anda harus mendaftarkan akun Zoho Forms. Anda dapat mendaftarkan akun Zoho Forms dengan mengklik tombol “Daftar” di bagian atas halaman.

7. Buat Form Yang Baru

Setelah Anda mendaftarkan akun Zoho Forms, Anda harus membuat form yang baru. Anda dapat membuat form baru dengan mengklik tombol “Buat Formulir Baru” di bagian atas halaman.

8. Tambahkan Kolom-Kolom Untuk Data Yang Diperlukan

Selanjutnya, Anda harus menambahkan kolom-kolom untuk data yang diperlukan. Anda dapat menambahkan kolom-kolom ini dengan mengklik tombol “Tambahkan Kolom” di bagian bawah halaman.

9. Bagikan Absensi Online

Setelah Anda selesai membuat formulir, Anda harus membagikan absensi online. Anda dapat membagikan absensi online dengan mengirimkan tautan ke orang-orang yang ingin mengisi formulir.

Itulah beberapa langkah-langkah untuk membuat absensi online. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah membuat absensi online untuk organisasi Anda. Jadi, mulailah membuat absensi online sekarang juga dan nikmati manfaatnya di masa depan.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *