Apa itu presensi manual?

Posted on

Apa Itu Presensi Manual?

Presensi manual adalah proses absensi yang tidak melibatkan teknologi pengenalan wajah atau biometrik. Presensi manual adalah cara lama yang masih digunakan oleh sekolah dan instansi lainnya untuk mencatat kehadiran dan absensi karyawan atau siswa. Proses presensi manual ini biasanya dilakukan dengan cara mencatatkan nama dan waktu kehadiran karyawan atau siswa di sebuah buku log atau di komputer.

Presensi manual memiliki beberapa kelebihan. Pertama, presensi manual tidak memerlukan biaya tinggi untuk membeli perangkat lunak atau hardware khusus. Kedua, presensi manual dapat dilakukan secara manual tanpa memerlukan bantuan teknologi. Ketiga, presensi manual memungkinkan karyawan atau siswa untuk mencatat kehadiran mereka sendiri tanpa bantuan orang lain.

Namun, presensi manual juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, presensi manual membutuhkan waktu yang lama untuk mencatat dan memeriksa kehadiran karyawan atau siswa. Kedua, presensi manual juga memiliki kemungkinan kesalahan karena kesalahan pencatatan atau kesalahan manusia. Ketiga, presensi manual juga tidak memungkinkan untuk mengidentifikasi karyawan atau siswa dengan tepat.

Salah satu fitur yang terdapat dalam SIM Masook adalah melakukan presensi secara manual. Fitur ini memungkinkan guru untuk mencatat kehadiran siswa tanpa harus menggunakan teknologi pengenalan wajah atau biometrik. Dengan fitur ini, guru dapat mencatat kehadiran siswa dengan mudah dan cepat. Fitur ini juga memungkinkan guru untuk mencatat kehadiran siswa dengan tepat dan akurat.

Dengan presensi manual, guru dapat mencatat kehadiran siswa dengan mudah dan cepat. Fitur ini juga memungkinkan guru untuk mencatat kehadiran siswa dengan tepat dan akurat. Dengan fitur ini, guru dapat menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mencatat kehadiran siswa. Fitur ini juga memungkinkan guru untuk mengidentifikasi siswa dengan tepat dan menghindari kesalahan pencatatan.

Presensi manual adalah cara lama yang masih digunakan oleh sekolah dan instansi lainnya untuk mencatat kehadiran dan absensi karyawan atau siswa. Fitur presensi manual yang terdapat dalam SIM Masook memungkinkan guru untuk mencatat kehadiran siswa dengan mudah dan cepat. Fitur ini juga memungkinkan guru untuk mencatat kehadiran siswa dengan tepat dan akurat. Dengan fitur ini, guru dapat menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mencatat kehadiran siswa.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *