Mengapa soal bentuk pilihan ganda disebut tes objektif?

Posted on

Mengapa Soal Bentuk Pilihan Ganda Disesbut Tes Objektif?

Tes objektif adalah tes yang menggunakan jawaban yang sudah tersedia untuk mengukur kemampuan seseorang. Salah satu bentuk tes objektif yang paling populer adalah soal bentuk pilihan ganda. Soal bentuk pilihan ganda disebut tes objektif karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tes lainnya.

Pertama, soal bentuk pilihan ganda dapat mengurangi peluang terjadinya kesalahan penilaian. Pada tes lainnya, penilai harus menilai jawaban yang diberikan oleh peserta tes. Namun, pada soal bentuk pilihan ganda, jawaban yang benar sudah ditentukan sebelumnya, sehingga penilai tidak perlu menilai jawaban peserta tes. Ini berarti bahwa peluang terjadinya kesalahan penilaian dapat diminimalkan.

Kedua, soal bentuk pilihan ganda juga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menilai jawaban peserta tes. Karena jawaban yang benar sudah ditentukan sebelumnya, penilai tidak perlu menghabiskan waktu untuk menilai jawaban peserta tes. Hal ini berarti bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menilai jawaban peserta tes dapat dikurangi.

Ketiga, soal bentuk pilihan ganda juga dapat mengurangi peluang terjadinya bias penilaian. Pada tes lainnya, penilai dapat terpengaruh oleh faktor-faktor seperti kepribadian, preferensi, dan pandangan pribadi. Namun, pada soal bentuk pilihan ganda, jawaban yang benar sudah ditentukan sebelumnya, sehingga peluang terjadinya bias penilaian dapat diminimalkan.

Contoh bentuk test ini adalah pilihan ganda, menjodohkan, dan benar salah. Hal inilah yang menjadi dasar tes ini disebut dengan tes objektif karena telah tersedianya pilihan jawaban sehingga dalam penilaiannya tidak ada peluang untuk terlibatnya selara penilai (subjektif). Soal bentuk pilihan ganda memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tes lainnya, seperti mengurangi peluang terjadinya kesalahan penilaian, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menilai jawaban peserta tes, dan mengurangi peluang terjadinya bias penilaian.

Dengan demikian, soal bentuk pilihan ganda disebut tes objektif karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh tes lainnya. Tes objektif ini dapat menjadi alat yang berguna untuk mengukur kemampuan seseorang dengan cara yang cepat, akurat, dan obyektif.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *