Bagaimana cara melakukan analisis secara sederhana?

Posted on

Analisis secara sederhana adalah cara yang efektif untuk mengidentifikasi kinerja siswa dan memahami kompetensi mereka. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi tren dalam hasil belajar siswa. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan analisis secara sederhana:

1. Menghitung semua jumlah jawaban siswa yang benar. Ini adalah langkah pertama dalam melakukan analisis secara sederhana. Dengan menghitung jumlah jawaban yang benar, Anda dapat mengetahui seberapa baik siswa memahami materi yang Anda ajarkan.

2. Lakukan penskoran mulai dari tertinggi. Setelah Anda menghitung jumlah jawaban yang benar, lakukan skor dari yang tertinggi. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi siswa yang memiliki kinerja terbaik.

3. Lakukan pengelompokan dari presentase atas dan presentase bawah. Ini adalah cara lain untuk mengidentifikasi siswa yang memiliki kinerja terbaik. Dengan membuat dua kelompok, Anda dapat mengetahui siapa yang berada di bagian atas dan siapa yang berada di bagian bawah.

4. Hitunglah jumlah siswa dalam kelompok atas yang memilih tiap tiap alternatif. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengetahui mana item yang paling populer di antara siswa. Ini dapat membantu Anda menentukan apa yang harus Anda ajarkan lebih lanjut.

5. Hitunglah jumlah siswa dalam kelompok bawah yang memilih tiap tiap alternatif. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengetahui mana item yang paling kurang populer di antara siswa. Ini dapat membantu Anda menentukan apa yang harus Anda ajarkan lebih lanjut.

6. Hitunglah jumlah siswa yang memilih setiap item. Ini dapat membantu Anda mengetahui seberapa populer setiap item di antara siswa.

7. Bandingkan hasil dari item yang berbeda. Ini dapat membantu Anda mengetahui mana item yang paling populer di antara siswa.

Dengan melakukan analisis secara sederhana, Anda dapat mengetahui kompetensi siswa dan memahami tren dalam hasil belajar mereka. Ini juga dapat membantu Anda menentukan apa yang harus Anda ajarkan lebih lanjut. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat melakukan analisis secara sederhana dengan mudah.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *