Apa bedanya skripsi dan jurnal?

Posted on

Apa Bedanya Skripsi dan Jurnal?

Ketika kita berbicara tentang penelitian, ada dua istilah yang sering disebutkan: skripsi dan jurnal. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda, namun masih berkaitan dengan penelitian. Jadi, apa bedanya skripsi dan jurnal?

Skripsi adalah laporan penelitian yang ditulis oleh mahasiswa untuk memenuhi persyaratan lulusan dari sebuah universitas. Skripsi ditulis sebagai satu paket laporan penelitian yang harus disampaikan secara menyeluruh dan lengkap. Penulisannya terdiri atas bagian awal, badan laporan, dan bagian penutup.

Berbeda dari skripsi, jurnal hanya sebagai catatan dari adanya penelitian. Jurnal biasanya ditulis oleh para ahli dan berisi tentang hasil penelitian mereka. Jurnal juga berisi tentang teori dan hipotesis yang dikembangkan oleh para ahli.

Keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Skripsi ditulis untuk memenuhi persyaratan lulusan, sedangkan jurnal ditulis untuk menyebarkan informasi tentang hasil penelitian. Skripsi biasanya ditulis oleh mahasiswa, sedangkan jurnal ditulis oleh para ahli.

Skripsi biasanya ditulis dengan lebih detail dan lengkap dibandingkan jurnal. Skripsi harus mencakup semua aspek dari penelitian, termasuk latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Jurnal hanya berisi tentang hasil penelitian dan teori yang dikembangkan oleh para ahli.

Keduanya juga memiliki kriteria yang berbeda. Skripsi harus disetujui oleh dewan penguji dan harus memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh universitas. Jurnal harus disetujui oleh editor dan harus memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh jurnal.

Jadi, apa bedanya skripsi dan jurnal? Skripsi adalah laporan penelitian yang ditulis oleh mahasiswa untuk memenuhi persyaratan lulusan dari sebuah universitas. Berbeda dari skripsi, jurnal hanya sebagai catatan dari adanya penelitian. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda, skripsi ditulis untuk memenuhi persyaratan lulusan, sedangkan jurnal ditulis untuk menyebarkan informasi tentang hasil penelitian. Skripsi biasanya ditulis dengan lebih detail dan lengkap dibandingkan jurnal. Keduanya juga memiliki kriteria yang berbeda. 19 Sep 2022.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *