6 Langkah perencanaan?

Posted on

6 Langkah Perencanaan Strategis untuk Membangun Visi yang Berkelanjutan

Perencanaan strategis adalah proses penting yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuan jangka panjang mereka. Menurut Sentot Imam Wahjoni, dkk dalam buku Pengantar Manajemen (2019), rencana strategis terdiri dari enam tahap yang saling berkaitan, yaitu: Penentuan visi, misi, dan tujuan. Evaluasi diri. Analisis lingkungan eksternal. Pembuatan keputusan strategis. Implementasi strategi. Evaluasi.

Ketika Anda menggunakan proses ini, Anda dapat membangun visi yang berkelanjutan dan mengidentifikasi peluang untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda. Berikut adalah enam langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat rencana strategis yang efektif:

1. Penentuan Visi, Misi, dan Tujuan

Visi adalah gambaran tentang masa depan yang diinginkan organisasi. Misi adalah tujuan yang ingin dicapai organisasi, dan tujuan adalah hasil yang diharapkan. Ini adalah langkah pertama dalam perencanaan strategis, karena semua keputusan yang diambil harus berdasarkan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan.

2. Evaluasi Diri

Evaluasi diri melibatkan penilaian kinerja organisasi, yang meliputi aspek-aspek seperti kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Ini memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal mereka, serta mengidentifikasi peluang dan ancaman yang berasal dari luar.

3. Analisis Lingkungan Eksternal

Analisis lingkungan eksternal melibatkan penilaian situasi eksternal yang mempengaruhi organisasi. Ini melibatkan penilaian lingkungan makro, seperti tren ekonomi, politik, sosial, dan teknologi, serta penilaian lingkungan mikro, seperti kompetitor, pelanggan, dan pemasok.

4. Pembuatan Keputusan Strategis

Setelah melakukan evaluasi diri dan analisis lingkungan eksternal, organisasi dapat membuat keputusan strategis yang tepat. Keputusan ini harus berdasarkan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan, serta analisis situasi eksternal.

5. Implementasi Strategi

Setelah keputusan strategis diambil, organisasi harus mengimplementasikannya. Ini melibatkan pengembangan rencana tindakan, pengalokasian sumber daya, dan pengembangan proses untuk mencapai tujuan.

6. Evaluasi

Evaluasi adalah proses penting yang memungkinkan organisasi untuk menentukan apakah tujuan telah dicapai. Ini melibatkan penilaian kinerja organisasi dan penilaian efektivitas strategi yang digunakan.

Perencanaan strategis adalah proses penting yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuan jangka panjang mereka. Dengan menggunakan enam langkah di atas, organisasi dapat membangun visi yang berkelanjutan dan mengidentifikasi peluang untuk mencapai tujuan jangka panjang mereka. Jika Anda ingin membuat rencana strategis yang efektif, mulailah dengan menentukan visi, misi, dan tujuan, lalu ikuti enam langkah di atas. 9 Mar 2022.

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *